djatgo.id - Jasa Ekspedisi dan Cargo Murah ke Seluruh Indonesia
(021) 666 8888

Perbedaan Loading dan Unloading Barang Pada Ekspedisi

Ketahui Perbedaan Loading dan Unloading Barang pada Ekspedisi – Kalian yang ingin bekerja pada dunia ekspedisi ada baiknya mengetahui perbedaan anatara loading, unloading, serta istilah logistik lainnya.

Ada banyak istilah-istilah yang belum diketahui orang. Padahal istilah tersebut perlu kita ketahui bilamana kamu berurusan dengan pengiriman barang.

Istilah yang terdapat dalam dunia logistik dapat menggambarkan proses, tempat, barang, dan juga lainnya. Kebanyakan berasal dari bahasa asing dan juga singkatan.

Salah satu istilah yang bisa dibahas pada artikel ini mengenai arti loading barang dan juga unloading dalam dunia logistik. Loading dan unloading adalah istilah yang memiliki pengertian yang berbeda.

Berikut ini penjelasan mengenai arti loading barang dan unloading juga penjelasan yang berkaitan dan tentunya memiliki perbedaan loading dan unloading.

Perbedaan Loading dan Unloading Barang

Arti Loading Barang

Isitilah loading barang sering kali digunakan dalam dunia logistik. Arti loading barang adalah kegiatan atau proses menempatkan barang kiriman kedalam alat transportasi seperti truck, kapal, dan pesawat1.

Ketika barang yang berada di gudang siap untuk dikirimkan melalui kendaraan seperti truk, barang akan dimasukan ke dalam truk. Pada proses ini (loading) barang akan diatur dengan baik dan aman sehingga meminimalisir risiko yang terjadi selama perjalan menuju kota tujuan.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud dengan Kontainer

Pengertian Unloading Barang

Ada istilah lain yang menggambarkan kebalikan dari loading barang yaitu unloading. Unloading barang adalah kegiatan menurunkan barang dari kendaraan yang telah sampai ke gudang2. Pada proses ini biasanya dibantu oleh peralatan seperti crane, forklifts, stacker, hand pallet, dan lain sebagainya.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form

Contoh lainnya adalah muatan yang telah diangkut oleh truk, kapal, dan pesawat dikeluarkan kemudian dikirimkan ke lokasi tujuan.

Perbedaan Loading dan Packing

Setelah membaca penjelasan diatas mengenai arti loading barang dan unloading, kamu sudah mengerti dan bisa membedakannya. Namun ada juga yang mengartikan loading dengan packing.

Packing bukanlah persamaan dari loading, tentunya ini berbeda jauh. Packing itu sendiri adalah proses pengemasan atau membungkus barang yang akan dikirim untuk meminimalisir risiko yang terjadi terhadap barang kiriman seperti lecet atau penyok.

Dengan mengemas barang, barang akan terlindung dari benturan dan gesekan selama prose pengiriman. Proses ini bisa dilakukan oleh pengirim barang atau juga jasa ekspedisi seperti djatGO yang memiliki layanan packing.

Sedangkan loading adalah proses selanjutnya setelah packing barang sudah dilakukan. Barang akan dimuat kedalam kendaraan dan akan dikirim baik itu ke gudang logistik dan dilanjutkan ke kota tujuan.

Nah itulah perbedaan antara packing dan loading barang. Jadi semoga tidak ada yang keliru lagi mengenai pengertian antara loading barang dan juga packing. Jika ingin melihat jenis-jenis bahan untuk packing bisa baca artikel Jenis-jenis Packing Barang.

arti loading barang

Manfaat Loading Barang yang Baik

Proses loading barang tentunya sangat penting dalam dunia logistik. Karena memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah manfaat loading barang yang baik dalam dunia logistik.

Pengiriman Tepat Waktu

Loading yang efisien membantu memastikan bahwa barang-barang ditempatkan dengan benar di dalam kendaraan pengangkut.

Ini mengurangi risiko keterlambatan dalam pengiriman karena barang akan tersusun rapi dan sesuai dengan rencana. Pengiriman tepat waktu penting untuk memenuhi komitmen kepada pelanggan dan menjaga reputasi bisnis.

Baca Juga : Perbedaan Kapal Kargo dan Kontainer

Mengurangi Kerusakan

Proses loading yang hati-hati dan perencanaan yang baik dapat mengurangi risiko kerusakan barang selama pengangkutan.

Barang yang terikat dan tersusun dengan baik akan lebih stabil dan kurang rentan terhadap benturan atau goyangan selama perjalanan.

Pengoptimalan Ruang

Loading barang dengan efisien juga membantu memaksimalkan penggunaan ruang di dalam kendaraan pengangkut. Ini berarti lebih banyak barang dapat diangkut dalam satu perjalanan, mengurangi biaya pengiriman dan emisi karbon.

Keamanan Pengemudi

Barang-barang yang terikat dan tersusun dengan rapi juga meningkatkan keamanan pengemudi dan kendaraan. Barang yang tidak terkendali di dalam kendaraan dapat menyebabkan gangguan saat mengemudi atau bahkan kecelakaan. Loading yang baik mengurangi risiko ini.

Efisiensi Operasional

Proses loading yang terorganisir dan efisien membantu menghemat waktu dan upaya saat pemuatan dan pengosongan. Ini berkontribusi pada efisiensi operasional keseluruhan perusahaan logistik.

Baca Juga : Paket 1 Hari Sampai Luar Kota

Penataan Barang yang Efektif

Dengan memuat barang sesuai dengan rencana pengiriman, proses pengosongan saat mencapai tujuan akan lebih mudah. Barang yang diatur dengan baik memungkinkan untuk pengurutan dan penataan yang lebih cepat di gudang atau lokasi tujuan.

Keamanan dan Kepatuhan

Beberapa jenis barang memiliki persyaratan khusus dalam hal pengangkutan dan penataan. Proses loading yang baik membantu mematuhi peraturan dan persyaratan keamanan yang berlaku, serta menghindari pelanggaran hukum yang dapat merugikan bisnis.

Kepuasan Pelanggan

Pengiriman barang yang tepat waktu dan dalam kondisi baik adalah kunci kepuasan pelanggan. Proses loading yang efisien dan hati-hati membantu memastikan bahwa barang tiba dengan baik di tangan pelanggan.

Peralatan yang Digunakan Untuk Loading dan Unloading Barang

Pada prakteknya, proses ini membutuhkan alat-alat pendukung sehingga waktu pengerjaan lebih cepat dan mudah. Berikut ini adalah alatalat yangg digunakan untuk loading dan unloading barang.

Pallet Jack

jack pallet

Pallet jack digunakanuntuk memindahkan barang yang terdapat diatas pallet. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan orang untuk menarik, mendorong, dan mengarahkan jack pallet.

Terdapat 2 jenis jack pallet yang saat ini digunakan. Pertama adalah jack pallet manual, dimana menarik, mendorong, dan mengarahkan menggunakan tenaga manusia. Sedangkan jack pallet elektrik, mengoperasikannya dengan memanfaatkan tenaga listrik.

Hand Truck

hand troley

Salah alat yang mudah untuk dibawa kemana-mana baik itu dibawa menggunakan mobil kecil atau mobil besar. Hand truck disebut juga hand trolley adalah alat sederhana yang digunakan untuk membantu proses pemindahan barang dari satu area ke area lainnya.

Baca Juga : Pengertian FCL dan LCL Pada Ekspedisi

Cara mengoperasikan alat ini sama seperti jack pallet manual yaitu dorong dan tarik. Hanya saja, tidak membutuhkan pallet untuk dapat memindahkan barang.

Forklift

forklift alat bantu loading barang

Forklift sejenis dengan truk yang umumnya dipakai oleh jasa ekspedisi dan juga perusahaan industri yang memiliki gudang barang. Forklift digunakan untuk mengangkat, memindahkan, dan menurunkan barang berukuran berat dari suatu tempat ke tempat lain.

Dengan alat ini orang gudang tidak perlu repot untuk memindahkan barang berukuran besar dan berat. Sehingga proses muat barang akan lebih cepat dan efesien.

Loading Dock

loading dock

Loading dock artinya suatu area pada suatu gudang yang digunakan untuk loading dan unloading barang dari dan atau truk pengangkut barang. Loading dock juga berperan untuk mempercepat proses bongkar muat barang.

Area ini memiliki pintu yang berukuran besar sehingga jenis barang apapun dapat melalui loading dock tersebut.

Terdapat beberapa peralatan dalam loading dock seperti:

  • Bumber dock yang dapat digunakan menyerap benturan yang biasanya diakibatkan oleh hantaman truk yang sedang parkir mundur.
  • Dock loveler digunakan untuk menghubungkan antara lantai bangunan dengan truk yang ketinggiannya dapat disesuaikan dengan truk.
  • Tambat truk berfungsi sebagai pencegahan terhadap kerusakan atau kecelakaan akibat truk berjalan sendiri.
  • Lampu docking digunakan untuk penerangan
  • Shelter dock dapat melindungi barang dari bahaya cuaca.

Conveyor Belt

conveyor belt

Conveyor adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya secara otomatis dengan jumlah banyak. Terdapat bagian-bagian dari mesin ini seperti sabuk atau belt yang mampu mengangkut benda padat. Kemudian terdapat idler, centering device, drive unit, feeder, trippers, dan cleaners.

Memindahkan barang dengan bantuan conveyor belt lebih efisien karena alat ini dapat memindahkan barang dalam jumlah banyak secara sekaligus. Dengan menggunakan alat ini tidak membutuhkan banyak orang untuk memindahkan barang.

Pengertian Port of Loading

Port of loading adalah salah satu istilah dalam dunia logistik yang berkaitan dengan pengiriman barang melalui laut. Port of Loading (POL) merupakan pelabuhan muat.

Arti lain dari Port of Loading sendiri yaitu pelabuhan yang digunakan untuk memuat barang atau peti kemas ke dalam kapal. Dimana POL menjadi awal perjalanan pengiriman juga menjadi titik penting untuk menentukan biaya pengiriman dan waktu transit. POL juga bisa disebut sebagai pelabuhan keluar.

Dari penjelasan diatas dimulai dari arti loading barang dan unloading sampai menjelaskan port of loading. Kamu bisa mengerti betapa penting dan rumitnya proses ini. Ketepatan dalam loading dan unloading barang menjadi kunci efektifitas pekerjaan dan efesiensi anggaran yang dapat menciptakan keuntungan lebih tinggi.

Kesalahan dalam proses loading dan unloading barang dapat menciptakan kerusakan barang dan juga estimasi pengiriman barang yang lebih lama. Maka dari itu gunakanlah jasa ekspedisi barang yang tepat untuk mengirimkan barang kamu antar kota.

Salah satu jasa ekspedisi yang memiliki pengalaman dalam pengiriman barang antar pulau dan antar kota adalah djatGO. djatGO mengerti benar tentang dunia logistik dan memiliki cara sendiri untuk mengirimkan barang dengan baik, cepat, dan aman.

Ongkos yang ditawarkan pada setiap rute pengiriman juga terbilang sangat ekonomis. Terdapat gratis penjemputan untuk setiap pengirimannya.

Hubungi marketing terkait untuk dapat untuk mendapatkan detail rute pengiriman barang yang akan kamu lakukan. Silahkan hubungi melalui form dibawah ini yang akan terhubung langsung dengan marketing djatGO.

Referensi

  1. Shipbob. Diakses pada 19 Mei 2024. A Guide to Cargo Loading and Unloading for Ecommerce Businesses. ↩︎
  2. Transtrack. Diakses pada 19 Mei 2024. What area the Procedures for Loading and Unloading of Containers, Ports, and Warehouses. ↩︎

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya