Jenis Jenis Packing Barang dan Fungsinya dalam Ekspedisi

Jenis jenis Packing Barang

Jenis Jenis Packing Barang – Saat ini aktivitas pengiriman barang sudah sangat ramai dilakukan. Bukan hanya diakarenakan e-commerce yang mempermudah jual beli barang melainkan juga pengiriman barang lainnya seperti kasur, kulkas, koper, dan lainnya. Namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim barang ke kota tujuan, yaitu pengemasan barang.

Pengemasan barang atau sering disebut sebagai packing merupakan proses memasukan barang ke dalam bahan pengemas seperti kotak kardus, kantong plastik, bublewrap, dan lainnya. Dalam hal pengiriman barang, packing adalah hal penting untuk menjaga barang dari goresan, air, dan lainnya.

Pentingnya packing barang sudah menjadi perhatian utama dari pengiriman barang dan juga penerima barang. Karena kedua pihak pasti menginginkan barang yang dikirim dan diterima dalam keadaan yang baik dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terkadang, packing juga menjadi branding dari pemilik bisnis agar terkesan barang yang ada didalamnya premium dan luxury.

Dalam packing barang ada banyak jenis jenis packing barang yang bisa digunakan. Bisa juga disesuaikan dengan barang apa yang akan dikirim. Karena tidak mungkin jika menggunakan jenis packing film strech untuk pengiriman Kulkas. Film strech yang digunakan untuk Kulkas hanya melindungi dari debu bukuan dari benturan. Maka dari itu ada baiknya mengetahui jenis jenis packing barang apa aman dan sesuai dengan barang yang akan dikirim.

Jenis jenis Packing Barang yang Aman

Jenis jenis Packing Barang yang Aman
shrink film bisa digunakan untuk pelapis terluar

Packing Bubble wrap

Jenisi jenis packing barang yang umum digunakan oleh banyak orang, cocok untuk berbagai barang-barang. Packing buble wrap merupakan plastik yang memiliki banyak gelembung udara berpola. Terkadang jika sudah tidak terpakai digunaka untuk bermain memecahkan gerembung udara yang berpola tersebut.

Jenis packing buble wrap, dikenal sebagai bahan yang dapat meredam benturan dengan sangat baik. Dalam sisi harga yang dikeluarkan juga tidak mahal seperti packing kayu. Sehingga banyak yang menggunakan packing buble wrap untuk melindungi barang dari benturan dan goresan.

Packing Kotak Kardus

Salah satu jenis yang juga sering digunakan untuk bahan packing barang setelah buble wrap yaitu kotak kardus. Bahan yang bisa didapatkan juga mudah. Tidak seperti bubble wrap yang harus membeli 1 roll dengan ukuran tertentu.

Fungsi packing kardus itu sendiri dapat melindungi barang dari goresan atau lecet pada proses pengirimannya. Beberapa brand juga menggunakan kotak kardus untuk meningkatkan kesan premium.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Packing Kayu

Packing jenis kayu paling diandalkan untuk pengiriman barang besar, berharga, dan pecah belah. Contoh pengiriman barang yang direkomendasikan menggunakan packing kayu yaitu elektronik, perabotan rumah, guci, dan lainnya.

Jenis packing barang ini dapat melindungi bagian terluar. Jenis sebelum menggunakan kayu, lapisi jenis packing lainnya seperti kardus atau film strech.

Pada beberapa jasa ekspedisi reguler ataupun cargo, pakcing jenis kayu digunakan sebagai pengemasa ekstra. Catatan penting untuk pengiriman barang pecah belah dan elektronik, lebih baik menggunakan packing tambahan seperti kayu.

Baca Juga  : Jasa Pengiriman Motor Murah

Packing Plastik

Salah satu jenis packing yang aman dari air adalah kantong pelastik. Biasanya packingan ini digunakan untuk lapisan terluar, sebelumnya barang akan dilapisi oleh buble warp. Atau jika barang yang dikirimkan adalah pakaian maka bisa langsung dipacking tanpa harus menggunakan bubble wrap terlebih dahulu.

Stretch Film

Film stretch atau dikenal juga dengan istilah strech wrap merupakan bahan plastik yang elastis dan sangat tipis. Secara penggunaaan, Strech Film dapat membungkus barang. Jenis dari barang ini dapat meregang sekitar 300% dari semula. Harganya yang cukup murah, menjadi alasan sektor industri melapisi mesin dan kabel untuk dikirimkan. Atau juga bisa untuk membungkus tas, koper, furnitur, perlengkapan kantor, alat tulis, dan lain-lainnya.

Packing Amplop

Dari tadi membahas tentang barang besar dan berat, bagaimana dengan dokumen apa mungkin menggunakan bubble wrap? Tentu saja tidak, ada jenis jenis packing barang tertentu untuk membungkus dokumen yaitu amplop. Terkesan nyeleneh, namun sering sekali digunakan untuk mengirim dokumen. Apa lagi jika dokumen tersebut penting, ada baiknya jika membungkus dengan amplop. Untuk pengiriman dokumen dalam hitungan hari sampai, bisa menggunakan cargo udara murah dari djatGO.

Packing Bag

Jenis packing ini dapat dimanfaatkan untuk makanan yang cepat habis pakai atau makanan yang tidak bisa disimpan dalam kurun waktu lama. Contoh pemanfaatan packing bag, adalah produk buah-buahan, makanan ringan, atau produk lainnya.

Packing Karung

Jenis packing ini jarang sekali digunakan oleh orang umum. Biasanya digunakan pada sektor pertanian seperti pengiriman biji kopi, beras, gula, atau lainnya. Bisa juga komoditas lainnya yang berukuran kecil namun jumlahnya banyak.

Itulah jenis jenis packing barang yang umum atau digunakan pada sektor tertentu. Setiap jenis packing harus disesuaikan oleh barang yang akan dikirim, sehingga tidak bisa menjadi patokan salah satu jenis packingan. Walau packing kayu bagus, namun kalau hanya untuk mengirim dokumen saja tidak perlu. Lebih baik menggunakan jenis packing amplop yang beratnya tidak jauh dari dokumen tersebut.

Jika repot untuk packing barang apa lagi berat dan besar. Ada jasa packing barang dari djatGO ketika ingin mengirim barang ke kota lainnya. Segala jenis-jenis packing barang ada di djatGO sehingga barang yang akan dikirim dapat disesuaikan dan barang menjadi aman.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya