Cara Menggunakan Bubble Wrap Untuk Packing Barang

Cara Menggunakan Bubble Wrap

Jenis bahan packing yang sering digunakan oleh sebagian besar orang ketika mengirim barang adalah bubble wrap. Namun banyak yang tidak tahu cara menggunakan bubble wrap yang benar untuk packing barang seperti apa. Padahal kita sudahbanyak tahu kalau salah satu jenis bahan packing ini berfungsi untuk meredam benturan dan harganya juga ekonomis.

Berbeda dengan bahan packing lainnya seperti kayu yang jauh lebih mahal dan jenis kardus tidak bisa tahan air. Maka dari itu pilihan tepat menggunakan bubble wrap untuk packing barang. Namun sebelum membahas tentang cara pakai bubble wrap yang benar, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan bubble wrap yang dapat kamu gunakan.

Berbagai Jenis Bahan Bubble Wrap

Bubble wrap adalah jenis bahan packing yang terdiri dari lapisan gelembung udara yang terperangkap di antara dua lapisan film plastik. Asal muasal bubble wrap pada tahun 1957 oleh Sealed Air Corporation dan sejak saat itu, menjadi bahan pengemas yang populer dan sering digunakan dalam industri pengiriman, e-commerce, dan perdagangan lainnya. Berikut adalah beberapa jenis bahan bubble wrap yang umum digunakan:

Bubble Wrap General

Jenis bubble wrap yang umum digunakan setiap kali packing barang. Juga dapat dengan mudah ditemukan di online shop dan toko plastik.

Bubble wrap ini merupakan lembaran plastik yang berwarna bening dan terdapat gelembung udara bercorak polkadot. Ukuran gelembung udara berkisar 10mm dan 20mm dengan sisi lainnya berbentuk datar.

Ada berbagai jenis bubble wrap general yang ada dipasaran yaitu heavy duty dan regulerRegular Bubble Wrap memiliki geleumbung udara dengan ukuran 10mm dan 20 mm. Jenis ini cocok untuk barang rumah tangga tidak termasuk elektornik.

Heavy Duty Bubble Wrap memiliki lapisan yang lebih tebal dibandingkan jenis sebelumnya. Diameter gelembung udaranya tetap sebesar 10 mm dan 20 mm. Karena lebih tebal bubble wrap ini bisa untuk barang yang gampang pecah atau rapuh.

Bubble Wrap Foil

Jenis bubble wrap ini terdiri dari lapisan aluminium foil dan juga gelembung udara. Bubble wrap ini memiliki karakter  yang berbeda dari lainnya, yaitu dapat menahan panas atau mempertahankan suhu. Kelebihan jenis ini yaitu ringan dan tahan lembab.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira

Bubble Wrap Protecta Soft Protective

Jenis ini sangat tidak umum didengar, namun banyak digunakan pada linis bisnis furnitur dan disimpan dalam waktu yang lama. Sama seperti jenis bubble wrap lainnya dapat melindungi barang dari benturan dan goresan. tidak hanya furnitur, bubble wrap ini dapat melindungi barang elektronik, perhiasan, kaca, keramik, dan lainnya.

Baca Juga : Ekspedisi Jakarta Medan

Bubble Wrap Kertas Kraft

Jenis bubble yang sedikit ramah lingkungan yaitu bubble wrap dengan kertas kraft ini. Kemasan ini dapat menaham terhadap benturan dan juga melindungi dari goresan.

Kantong Bubble Wrap

Jika bubble wrap general biasanya dijual per meter atau roll. Namun kantong bubble wrap ini dapat dibeli 1 pack. Bentuknya sama seperti kantung, dengan bahan full plastik dan terdapat gelembung udaranya. Kelebihan bubble wrap ini tentunya mudah disesuaikan dengan ukuran dan bentuk barang yang akan dikemas.

Bubble Wrap Tube

Jika bubble wrap diatas pola gelembung udaranya seperti polkadot, sedangkan jenis ini berbentuk tabung. Jenis ini lebih cocok sebagai lapisan pelindung di dalam. Contohnya jika ingin mengirimkan HP, tinggal masukan ke kotak kerdus yang lebih besar kemudian masukan juga bubble wrap tube di sisi samping dan atas bawah. Sehingga HP akan terjada dari guncangan dan benturan.

Cara Menggunakan Bubble Wrap Untuk Packing

cara pakai bubble wrap

Jarang sekali kita menemukan packing dikirim tanpa menggunakan lapisan pelindung seperti bubble wrap. Apalagi jika barang yang akan dikirim barang pecah belah atau barang kesayangan sehingga tidak ingin tergores. Maka butuh proteksi tambahan seperti bubble wrap, tapi sayangnya ada saja orang yang tidak tahu cara menggunakan bubble wrap untuk packing.

Berikut ini adalah cara memasang bubble wrap untuk packing barang sebelum dikirim ke jasa ekspedisi djatGO.

Pilih Jenis Bubble Wrap

Memilih jenis bubble wrap tergantung dengan barang yang akan dilapisi. Ada juga pertimbangan lain untuk memilih jenis bubble wrap seperti :

  • Jenis produk
  • Ukuran produk
  • Berat produk
  • Jarak pengiriman
  • Lama waktu kirim

Kamu bisa menggunakan bubble wrap general heavy duty untuk melapisi barang yang rentan pecah.

Sesuaikan Ukuran Bubble Wrap

Jika kamu menggunakan bubble wrap general biasanya dijual dengan satuan roll atau gulungan. Karena tidak dipotong-potong sehingga kamu perlu menyesuaikan ukurannya sesuai dengan barang yang akan dikirim. Setelah sudah ditentukan, potonglah bubble wrap tersebut dan simpan sisa yang tidak dipakai.

Bungkus Barang dengan Bubble Wrap

Kemudian kemas barang dengan bubble wrap yang tadi sudah dipotong. Pastikan semua sisi sudah terlapisi bubble wrap. Banyak yang keliru ketika membungkus bubble wrap, kalau posisi gelembung-gelembung udara pada bagian dalam dan bagian datar menghadap keluar.

Baca Juga : Jasa Pengiriman Mobil

Rekatkan dengan Lakban

Setelah semua sisi barang sudah dilapisi bubble wrap rekatkan dengan lakban agar lapisan tersebut tidak terbuka. Kamu mungkin tahu kalau lakman memiliki warna yang beragam seperti coklat, hitam, merah, bening, dan lainnya. Namun yang paling sering digunakan untuk merekatkan bubble wrap adalah berbwarna bening. Atau bisa juga menggunakan lakban yang sudah kamu custom sesuai branding toko kamu.

Tempelkan Label Pengiriman

Jika terdapat label pengiriman yang sudah AWB atau menuliskan nama pengiriman dan nama penerima bisa ditempelkan di paket tersebut. Sehingga identitas barang dapat diketahui, kamu bisa mengetahui tentang Contoh Alamat Pengiriman Paket.

Ukuran dan Harga Bubble Wrap Secara Umum

Kamu yang bingung berapa harga pasaran bubble wrap yang dijual, berikut ini adalah kisarang harganya berdasarkan ukurannya. Kamu bisa pastikan kembali harga dibawah ini dengan datang ke toko plastik atau di online shop kesayangan kamu.

Ukuran Bubble Wrap Beserta Harga per Roll

Ukuran Bubble Wrap Harga per Roll
Netafarm Bubble Wrap 10 m x 30 cm Rp15.000 – Rp20.000
Netafarm Bubble Wrap 50 m x 30 cm Rp25.000
Netafarm Bubble Wrap 50 m x 60 cm Rp42.500
Bubble Wrap Hitam 50 m x 60 cm Rp75.000
Bubble Wrap 100 m x 30 cm Rp90.000
Bubble Wrap 50 m x 125 cm Rp150.000
GMP Bubble Wrap 50 m x 125 cm Rp150.000
Bubble Wrap 100 m x 125 cm Rp425.000

Ukuran Bubble Wrap Beserta Harga per Meter

Ukuran Bubble Wrap Harga per Meter
Bubble Wrap 1 m x 20 cm Rp1.750
Bubble Wrap 1 m x 25 cm Rp1.850
Bubble Wrap 1 m x 30 cm Rp1.900 – Rp2.000
Bubble Wrap 1 m x 40 cm Rp2.000 – Rp3.000
Bubble Wrap 1 m x 60 cm Rp2.500 – Rp6.000
Bubble Wrap 1 m x 125 cm Rp7.000 – Rp9.000

Beli Bubble Wrap Dimana?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kamu dapat membeli bubble wrap ini di toko plastik. Biasanya mereka memajang 1 roll bubble wrap ukuran 100×125 cm di depan toko mereka. Namun jika tidak ingin keluar rumah, bisa juga membelinya melalui online shop seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya. Sesuai jenis bubble wrap dengan harga yang akan kamu beli.

Jasa Kirim Barang Sekaligus Packing

Mungkin kamu bertanya-tanya adakah jasa ekspedisi yang dapat mengirim barang dan juga dapat melayani packing barang sekaligus. Karena kalau harus packing sendiri bahan packingnya tidak tersedia di rumah. Maka dari itu bisa menggunakan layanan packing barang dengan djatGO sehingga barang kirim kamu akan selalu dalam keadaan aman dan meminimalisir risiko barang rusak. Kamu bisa baca selengkapnya disini Layanan Packing djatGO.

Setelah mengetahui cara menggunakan bubble wrap dengan benar kamu jadi lebih mengerti bagaimana packing yang aman. Ingat gunakan bubble wrap secara bijak artinya secukupnya, karena bahan dasarnya adalah plastik yang sulit sekali terurai. Jika ingin mengirim barang dan tidak memiliki bahan packing seperti bubble wrap, silahkan lakukan pengiriman dengan djatGO.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya