(021) 666 8888

Pengertian FCL dan LCL Pada Ekspedisi Pengiriman Barang

Pengertian FCL dan LCL –  Pengiriman barang sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, apalagi ketika pandemik Covid-19 tahun 2020  yang mengalami peningkatan.

Dimana orang tidak bisa pergi keluar untuk berbelanja, imbasnya online shop dan pengiriman ekspedisi kebanjiran permintaan.

Tidak hanya muatan kecil, pengiriman dengan partai besar juga mengalami peningkatan.

Pengertian FCL dan LCL Beserta Fungsinya

Pengiriman partai besar biasanya menggunakan kontainer baik itu ukuran 20 feet maupun 40 feet, dalam artikel sebelumnya yang membahas tentang Jenis-jenis Kontainer yang bisa dibaca di djatGO.

Pada artikel tersebut, membahas jenis container yang bisa menjadi panduan kamu dalam memilih jenis container apa yang cocok untuk pengiriman yang akan kamu lakukan.

Dalam pengiriman container terbagi menjadi dua jenis layanan. Jika orang awam, tentu belum pernah mengenal istilah dua layanan dalam pengiriman container.

Kedua istilah itu dibedakan berdasarkan kapasitas pengangkutan barangnya. Setiap layanan pengiriman container ada kelebihan dan kekurangannya. Dua istilah tersebut adalah FCL dan LCL, berikut ini adalah pengertian dari layanan tersebut.

Pengertian FCL dan LCL

Apa Itu FCL?

FCL adalah singkatan dari Full Container Load merupakan layanan pengankutan barang yang muatan dari satu kontainer tersebut berasal dari satu pengirim.

Artinya container tersebut berisikan barang-barang oleh satu pengirim saja tidak digabungkan dengan pengirim lainnya.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form

Kontainer akan disewakan oleh satu pengirim dan dapat mengisi barang secara penuh dalam tempat tersebut.

Pengirim tidak harus berbagi container dengan orang lain sehingga akan meningkatkan keamanan dan lebih efektif dalam managemen logistic angkutan barang.

Ada perbedaan tentang pengertian lain tentang FCL dan LCL. FCL tergolong pengiriman eksklusif karena hanya untuk satu pengirim saja. 

Waktu pengirimannya juga lebih cepat dibanding dengan LCL kontainer karena dapat memangkas waktu muat bongkar barang.

Apa Itu LCL?

Jika sebelumnya FCL itu untuk pengiriman satu orang atau korporasi, sedangkan LCL berbeda.

LCL adalah layanan pengangkutan barang yang menggabungkan barang milik orang lain dalam satu container. Sehingga dalam satu container terdapat barang dari berbagai pengirim.

Pengiriman barang dengan layanan LCL  container tidak harus dalam partai besar atau ukuran besar dalam sekali jalan.

Bisa mengirim barang dalam ukuran kecil dan nantinya dihitung berdasarkan dimensi barang. Sehingga, biaya yang dibayarkan dari perhitungan kubikasi barang tersebut.

Pengiriman dengan layanan LCL kontainer cenderung lebih murah karena tidak menyewa 1 kontainer namun waktu pengirimannya menjadi lama.

Perbedaan Antara FCL dan LCL

Perbedaan FCL dan LCL di Logistik

Apa itu FCL dan apa itu LCL sudah dijelaskan pada pembahasan diatas, saat ini penjelasan tentang perbedaan FCL dan LCL seperti apa.

Berikut ini adalah perbedaan LCL dan FCL yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum menentukan layanan pengiriman angkutan kontainer.

Waktu Transit

Kedua layanan diatas memiliki perbedaan dalam satu transitnya. Tentunya, jika menggunakan FCL yang hanya memuat 1 pengirim cenderung lebih cepat dibandingkan dengan layanan LCL karena konsolidasi dan dekonsolidasi.

Sebelumnya perusahaan harus mengelompokan dari banyak pengiriman yang akan dilakukan.

Kemudiam mengklasifikasikan, dan mengemasnya ke dalam peti kemas. Setelah itu, mengatur pengangkutan barang port to loading ke Pelabuhan tujuan.

Baca Juga Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler Siapa Lebih Murah:

Risiko Barang

FCL cenderung lebih aman dari risiko dibandingkan dengan layanan LCL. Karena banyaknya barang dari bergai pengiriman sehingga risiko kerusakan dan kehilangan lebih tinggi.

Pengirim barang yang menggunakan LCL tidak dapat memilih dimana barangnya akan ditempatkan dalam wadah container.

Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan, kontaminasi, atau tumpahan dari barang lain ke barang yang kamu miliki.

Maka dari itu kamu harus mengemasnya secara sempurna dan pastinya membutuhkan asuran pengangkutan barang untuk meminimalisir kerugian yang kamu alami jika terjadi kerusakan barang selama pengiriman barang berlangsung.

Biaya Pengiriman

Karena terdapat berbagai pengirim dalam layanan LCL maka biaya untuk menyewanya menjadi lebih murah.

Karena perhitungannya berdasarkan volume yang biasanya dalam satuan meter kubik. Jadi jika barang yang dikirim banyak dan besar, maka biaya juga akan ikut meningkat.

Jika ingin mengirim barang dalam ukuran besar dan banyak lebih baik menggunakan layanan FCL daripada LCL.

Sedangkan jika dihitung LCL akan terasa mahal. Namun jika hanya mengirim barang yang tidak banyak, maka menggunakan layanan LCL adalah pilihan yang baik.

Kamu atau perusahaan bisa menghitung sendiri kebutuhan untuk pengiriman barang seperti apa.

Atau jika kamu butuh konsultasi untuk pengiriman barang ukuran besar bisa tanyakan kepada marketing dajtGO. 

Karena kami memiliki jasa sewa container yang bisa kamu gunakan untuk pengiriman ke luar kota.

Sehingga, kamu dan perusahaan mendapatkan masukan dari ahlinya. Klik tombol dibawah ini untuk dapat berkonsultasi dengan tim marketing djatGO.

Kelebihan Pengiriman FCL dan LCL

Apa saja kelebihan pengiriman FCL dan juga LCL secara detail akan dijelaskan menggunakan tabel. Sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis pengiriman terhadap kebutuhan saat ini.

Layanan FCLLayanan LCL
1.  Barang tidak tercampur dengan pengirim lain1. Direkomendasikan untuk pengiriman barang eceran
2. Pengiriman dapat dilakukan setelah kontainer penuh dan tersedianya jadwal kapal2. Kemudahan dalam pengiriman door to door
3. Prosedur pengiriman yang lebih cepat dan efisien3. Biaya pengiriman lebih kecil
4. Biaya pengiriman lebih hemat dengan jumlah besar4. Barang digabungkan dengan pengirim lainnya
5. Barang tidak akan tercecer dan menghindari kehilangan5. Sangat ideal untuk UMKM, personal, produsen Kecil, pabrik dan industri yang memiliki barang sisa kontainer

Siapa yang Membutuhkan FCL dan LCL

Apabila bertanya siapa saja kelompok atau individu yang membutuhkan jasa FCL dan juga LCL untuk menjaga rantai pasok barang. 

Berikut ini adalah kelompok yang biasa menggunakan sistem pengiriman container load, simak dibawah ini!

Pengiriman FCL

Pabrikan dan Industri

Perusahaan besar biasanya menghasilkan atau membeli barang dengan jumlah banyak. Ketika ingin mendistribusikan ke setiap distributor atau gudang di daerah, pastilah mengirim dengan jumlah banyak dalam sekali kirim.

Sehingga pengiriman Full Container Load adalah cara paling efisien, cepat, dan ekonomis untuk kebutuhan pemenuhan barang di setiap daerah.

Eksportir dan Importir

Pebisnis biasa melakukan pembelian untuk stok barang dari luar negeri dengan jumlah besar. Setidaknya kubikasi barang mereka harus satu kontainer penuh baik itu 20 feet maupun 40 feet.

Hal ini dilakukan agar total biaya yang dikeluarkan menjadi murah. Sehingga harga jual yang dipatok dapat bersaing dengan produk serupa dan tetap menghasilkan profit tinggi.

Begitu juga dengan eksportir barang yang biasanya menggunakan sistem pengiriman FCL. Cara ini sangat umum diterapkan oleh eksportir dan importir di dunia.

Proyek Konstruksi

Proyek-proyek besar membutuhkan material bangunan dan juga alat berat demi lancarnya konstruksi tersebut. Terkadang material dan alat berat yang dibutuhkan harus dikirim dari luar kota seperti Jakarta.

Dalam sekali pengiriman saja, jumlah dan ukuran yang dikirim cukup besar. Sehingga pengiriman FCL selalu dipilih demi efisiensi dan lebih ekonomis ketimbang lainnya.

Pengiriman LCL

Usaha Menengah Kecil Mikro

Kemampuan UMKM dalam memenuhi stok barang tidak dalam jumlah besar seperti industri atau perusahaan. 

Mereka juga harus menyesuaikan dengan segala keterbatasannya seperti modal, ruang penyimpanan, biaya logistik, kemampuan menjual, dan lainnya.

Produsen Kecil

Produsen kecil memiliki permintaan yang sedikit sehingga dalam sekali pengiriman hanya beberapa kubik saja. 

Sehingga produk mereka dapat digabungkan dengan barang dari pengirim lainnya menggunakan pengiriman LCL

Pengusaha dengan Pengiriman Berkala

Bisnis yang memiliki permintaan atau proyek yang berkala ke berbagai daerah, lebih condong menggunakan pengiriman LCL. 

Karena ketika ada permintaan dapat langsung diproses dan dikirim menggunakan ekspedisi cargo. Sehingga prosesnya begitu cepat tidak perlu menunggu jumlah kuantiti yang harus 1 kontainer.

Pabrik dan Industri

Pabrik ataupun industri pasti mengirim barang dalam jumlah banyak dalam sekali jalan. Namun karena saking banyaknya barang tidak muat lagi masuk kedalam kontainer.

Sehingga sisa barang tersebut dialihkan ke jasa pengiriman LCL. Dalam prakteknya cara ini lumrah dilakukan, sehingga barang yang telah keluar dari pabrik bisa langsung didistribusikan ke daerah yang dituju.

Jasa Cargo LCL Terpercaya

Berkaitan dengan pabrik dan industri yang membutuhkan pengiriman LCL untuk mengirimkan barang yang tidak dapat masuk ke kontainer. 

Terdapat jasa cargo LCL yang selalu dipercaya untuk mendistribusikan barang tersebut dengan cepat  dan aman.

Jasa cargo LCL tersebut ialah djatGO, yang berlokasi di Jakata, Medan, dan Surabaya. djatGO dapat mengirimkan ke berbagai daerah dari JABODETABEK dan Medan. Untuk pengiriman dari Surabaya hanya memiliki tujuan Medan saja.

Kelebihan lain dari djatGO yang dinilai positif adalah tersedia jasa packing kayu. Setiap barang yang rentan rusak, akan direkomendasikan menggunakan packing kayu.

Pekerjaan tersebut akan langsung dilakukan oleh djatGO tanpa pihak ketiga, sehingga prosesnya lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan oleh pengirim sangat murah.

Layanan lain yang sangat menguntungkan adalah door to door service, tersedianya asuransi pengangkutan, gratis jemput barang ditempat, dan tracking barang secara real-time.

Jasa FCL Terbaik di Jakarta

djatGO tidak hanya menyediakan pengiriman LCL, namun juga pengiriman kontainer FCL ke berbagai daerah di Indonesia. 

Karena djatGO memiliki dedikasi untuk membantu perusahaan, pabrik,  dan proyek kontruksi demi menjaga rantai pasok dan juga kelancaran proyek.

Ukuran kontainer yang dapat digunakan yakni 20 feet dan 40 feet. Informasi mengenai dimensi kontainer dapat langsung menghubungi marketing djatGO melalui form atau juga tombol chat.

Konsultasikan kebutuhan pengiriman kepada marketing kami. Sehingga kami dapat menentukan jenis dan penanganan dalam mengirim barang.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya