Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler Siapa Lebih Murah

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler
Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler – Kebutuhan akan pengiriman barang saat ini sudah menjadi hal penting. Disetiap harinya banyak orang yang menggunakan jasa pengiriman barang baik itu kargo atau pengiriman reguler.

Pengiriman kargo (cargo) dan reguler adalah jenis layanan pengiriman barang yang bisa kamu gunakan.

Kebanyakan orang familiar dengan pengiriman reguler namu hanya beberapa yang tahu dan bahkan menggunakan jasa pengiriman kargo untuk kebutuhan mengirim barang ke kota bahkan pulau lainnya.

Layanan pengiriman barang tersebut memiliki perbedaan yang perlu kamu ketahui. Siapa tahu dengan mengerti perbedaan pengiriman kargo dan reguler, kamu bisa mengirim barang yang lebih murah dan mudah. Simak perbedaan pengiriman barang kargo dan reguler dibawah ini.

Apa Itu Jasa  Pengiriman Reguler?

Jika kamu pernah membeli barang di online shop seperti tokopedia, shopee, lazada, dan sebagainya artinya kamu telah menggunakan jasa pengiriman barang reguler.

Tentunya kamu sangat paham brand ekspedisi apa saja yang termasuk dalam pengiriman reguler seperti JNE, J&T Express, Sicepat, dan lain sebagainya. Itu merupakan salah satu pengiriman reguler yang sering kamu gunakan.

Jasa Pengiriman Kargo Itu Apa?

Jasa pengiriman kargo itu apa adalah salah satu layanan ekspedisi pengiriman barang yang dapat mengirimkan barang dengan jumlah yang banyak dan barang berat ke berbagai lokasi pengiriman dengan jarak jauh.

Jika dilihar dari sisi ongkos kirim barang, tentunya pengiriman kargo lebih murah dibandingkan dengan pengiriman reguler dengan catatan kamu mengirim barang dalam jumlah besar dan barang yang berat.

Di Indonesia sendiri terdapat jasa kargo yang bisa kamu hubungi jika ingin mengirimkan barang dengan jumlah banyak, ukuran besar, dan berat.

Salah satunya adalah djatGO yang membuka layanan cargo dengan metode pengiriman melalui Laut, Darat, dan Udara.

Dengan pengalaman sejak tahun 1994 dalam dunia transportasi membuat djatGO memahami apa yang dibutuhkan oleh semua orang dalam pengiriman barang. 

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Jika ingin mengirim barang cargo bersama djatGO silahkan hubungi marketing dibawah ini!

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler

Berikut ini adalah beberapa poin-poin perbedaan pengiriman kargo dan reguler yang bisa kamu ketahui dibawah ini!

Estimasi Pengiriman

Pengiriman barang menggunakan kargo cenderung lebih lama dari ekspedisi reguler. Hal itu disebabkan layanan pengiriman kargo mengirim dalam kuantiti besar dan berat. 

Ditambah lagi dengan rute pengiriman yang dapat menjangkau ke wilayah di Indonesia sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Berat Minimum Barang

Layanan pengiriman reguler tidak memiliki berat minimum untuk setiap pengirimannya. Jadi kamu bisa mengirim barang kecil apapun seperti 1 pasta gigi dari Jakarta ke Makassar.

Baca Juga : Ekspedisi Jakarta Makassar Ongkir Murah

Sedangkan pengiriman kargo tertdapat ketentuan minumum berat barang mulai dari 50 Kg sampai 100 Kg tergantung tujuan pengiriman dan jasa ekspedisi apa yang kamu gunakan. 

Namun bukan berati jika kamu hanya memiliki berat barang atau kubikasi kurang dari 50 Kg tidak bisa mengirim barang menggunakan kargo.

Misalkan saja kamu memiliki barang yang harus dikirim menggunakan rute ekspedisi Jakarta Pekanbaru seberat 30 Kg. 

Kamu tetap bisa mengirimkan barang tersebut menggunakan jasa kargo. Namun perhitungannya nanti akan dikalikan berat minimum dari ketentuan yang berlaku seperti dibawah ini:

Berat Barang Kamu : 30 Kg
Ongkos Kirim Jakarta ke Medan : Rp 2.900/Kg
Ketentuan Minimum Berat : 50 Kg

Perhitungannya: (Rp 2.900 x 50 kg)

Diatas merupakan salah satu perbedaan pengiriman kargo dan reguler.

Ongkos Pengiriman

Selanjutnya perbedaan pengiriman kargo dan reguler dari ongkos kirim pengiriman menggunakan layanannya. Contohnya pengiriman reguler dari Jakarta ke Medan yaitu Rp 34.000 – Rp 65.000 /Kg tanpa minimum berat barang. 

Sedangkan untuk pengiriman kargo ekspedisi Jakarta Medan contohnya menggunakan jasa ekspedisi dari djatGO yaitu Rp 3.000/Kg dengan minimum berat barang 50 Kg.

Jadi jika kamu ingin mengirim barang (ekspedisi Jakarta Medan) dengan muatan berat barang 5 Kg dan tidak terlalu urgent untuk cepat sampai. 

Kamu bisa menggunakan layanan pengiriman kargo karena lebih murah dibanding pengiriman reguler. 

Kamu juga bisa mempertimbangan hal ini sebelum mengirim barang ke daerah lainnya contohnya pengiriman Jakarta Batam, pengiriman Jakarta Makassar, dan sebagainya.

Peruntukan

Peruntukan dari kedua pengiriman tersebut sebenarnya sudah jelas. Jika kamu ingin mengirim barang kecil 1 Kg – 4 Kg dengan estimasi waktu yang singkat maka gunakan ekspedisi reguler. 

Namun jika kamu ingin mengirim barang ukuran besar, kuantiti banyak, atau barang yang berat maka rekomendasi terbaik adalah menggunakan jasa pengiriman kargo. 

Contohnya kamu ingin kirim motor ke Bandung, maka lebih direkomendasikan menggunakan jasa pengiriman kargo yang menyediakan pengiriman motor seprti djatGO.

Fasilitas

Perbedaan pengiriman kargo dan reguler selanjutnya dari segi fasilitas, pengiriman kargo umumnya memberikan fasilitas packing barang baik itu menggunakan material bubblewrap, sterofoam, kayu, dan lainnya. 

Selanjutnya fasilitas pengantaran kargo bisa melalui bandara, stasium, terminal, agen, kantor cabang, bahkan diantar langsung menuju alamat penerima langsung.

Cargo dan Reguler Lebih Cepat Mana?

Pengiriman reguler cocok dipilih ketika mengirim barang berukuran kecil dan ringan dan kargo  khusus untuk barang berat dan berukuran besar. Sehingga jika ditanya lebih cepat  mana pengiriman cargo dan reguler, jawabannya adalah ekspedisi reguler.

Misalkan pada rute Jakarta Medan, untuk pengiriman reguler memiliki estimasi pengiriman 2-3 hari sedangkan cargo 6-7 hari.  Itulah perbedaan dari kedua jasa pengiriman tersebut. 

Namun apabila ingin mengirim barang berukuran besar atau barang berat akan lebih baik jika menggunakan pengiriman cargo seperti djatGO. Walaupun pengirimannya sedikit lebih lama, tapi lebih spesifik dan ahli dalam  mengirim barang sejenis   tersebut.

Sehingga barang akan diperlakukan secara baik, hati-hati, dan yang paling penting sampai dalam kondisi bagus.

Apakah Pengiriman Cargo Aman?

Pastinya setiap seseorang mengirim barang ke suatu tempat terdapat rasa khawatir apakah barang akan aman dan sampai dengan baik atau sebaliknya. 

Kamu yang ingin menggunakan pengiriman kargo juga bertanya-tanya apakah pengiriman kargo aman?

Jawabannya tentu saja aman. Setiap jasa ekspedisi selalu memperhatikan keselamatan barang costumer agar selalu aman sampai lokasi penerima. 

Bahkan djatGO bekerja sama dengan Victoria Insurance, memberikan perlidungan atau asuransi pengangkutan selama proses pengiriman barang berlangsung. Jadi ketika kamu mengirim barang menggunakan djatGO merasakan double protection.

Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah?

Setiap orang mengirim barang dengan keperluan tertentu. Ada orang yang ingin mengirim 2 Kg pasta gigi dari Jakarta ke Denpasar. Ada juga yang ingin mengirim 100 karton pasta gigi dari Jakarta ke Malang.

Layanan pengiriman apa yang lebih murah digunakan untuk setiap pengirimannya?

Untuk pengiriman 2 Kg pasta gigi dari Jakarta ke Medan bisa menggunakan ekspedisi reguler karena lebih murah. 

Untuk pengiriman 100 karton pasta gigi dari Jakarta ke Malang lebih baik menggunakan ekspedisi kargo karena ongkos kirimnya jauh lebih murah.

Bagaimana jika ingin mengirim 7 Kg pasta gigi dari Jakarta ke Medan?

Kamu bisa membandingkan sendiri ongkos kirim dari ekspedisi reguler dan ekspedisi kargo dari djatGO. Kamu bisa tentukan sendiri mana yang lebih murah.

Setelah membaca perbedaan pengiriman kargo dan reguler. Kamu sudah lebih tahu bisa memilih layanan pengiriman apa yang sesuai kebutuhkan kamu.

Sebelum kamu melakukan pengiriman barang, hitung terlebih dahulu berat dari barang kamu. Kemudian bandingkan antara ekspedisi reguler dan ekspedisi kargo, ongkos kirim mana yang memiliki tarif yang lebih rendah.

Setelah itu kamu bisa menghubungi tim marketing ekspedisi tersebut untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai pengiriman barang yang akan kamu lakukan.

Jasa Kirim Kargo Ke Seluruh Indonesia

Pengalaman 30 tahun dalam dunia transportasi membuat djatGO memahami apa yang kamu inginkan seperti Ongkos kirim terjangkau, pengiriman yang aman, dan estimasi waktu yang singkat.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya