(021) 666 8888

Jenis Jenis Kontainer Ukuran dan Kegunaannya

Jenis Jenis Kontainer Ukuran Kegunannya

Jenis Jenis Kontainer Ukuran dan Kegunaannya

Peti Kemas atau sering disebut juga dengan kontainer (container) adalah alat angkut yang berbentuk persegi panjang terbuat dari besi baja dan dapat bertahan dalam situasi cuaca apapun. Peti Kemas atau Kontainer sering digunakan dalam dunia pelayaran, perdagangan, dan transportasi dan difungsikan untuk meyimpan berbagai macam produk.

Umumnya dalam dunia transportasi atau pengiriman barang, container ini dikirim dari suatu negara ke negara lain.

Ada juga Fungsi dan Kegunakan kontainer yang perlu kamu ketahui, antara lain;

Fungsi Kontainer

  • Sebagai alat angkut dalam kegiatan pengiriman barang
  • Sebagai gudang atau tempat penyimpanan
  • Sebagai alat pengepak barang

Kegunaan Kontainer

Dari sisi kegunaan kontainer, dibagi menjadi tiga yaitu;

Untuk Pemilik Barang

  • Melindungi barang dari kerusakan dan kehilangan
  • Memudahkan pengiriman barang agar bisa tiba ditujuan dengan cepat
  • Biaya pengiriman bisa lebih efesien

Untuk Pemilik Kapal

  • Meningkatkan kapasitas muatan agar lebih besar
  • Meningkatkan frekuensi singgah kapal
  • Mengurangi biaya-biaya eksploitasi akibat delay kapal

Untuk Pelabuhan

  • Menciptakan Service for the vessel
  • Menciptakan Service for the customer

Table of Contents

Kontainer dirancang agar bisa dipakai berulang kali karena terbuat dari bahan kuat dan kokoh. Bentuknya yang kotak, membuat container dapat lebih mudah ditumpuk dengan kontainer lain sehingga tidak memakan tempat saat penyimpanan di pelabuhan.

Kontainer sering kita jumpai ketika berlalu-lalang di jalan raya. Apalagi jika kamu datang ke daerah Jakarta Utara seperti Ancol atau dekat kantor djatGO yang ada di penjaringan, setiap harinya puluhan truk membawa kontainer dari segala arah.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form

Untuk jenis pengiriman menggunakan kontainer ini terbagi menjadi 2 yaitu FCL atau Full Container Load yaitu khusu 1 pengirim dan LCL atau Less Container Load, untuk gabungan berbagai pengirim dalam 1 kontainer. djatGO juga memiliki layanan Jasa Sewa Container FCL, jadi pengiriman barang khusus untuk barang-barang kamu saja.  Kamu bisa hubungi marketing kami dibawah ini!

Balik lagi ke pembahasan kontainer, ternyata ukuran dan bentuk kontainer itu ada berbagai macam. Berikut ini adalah jenis jenis kontainer, ukuran dan kegunaannya, dilengkapi gambar kontainer dibawah ini:

Jenis Jenis Kontainer dan Kegunaannya

Dry Container Storage

jenis jenis kontainer dan kegunaannya

Dry Container adalah jenis peti kemas / kontainer yang pupuler digunakan dalam dunia pengiriman barang dan sering kali kita jumpai di jalan raya. Berbentuk persegi panjang dan terbuat dari bahan kuat dan tahan lama. Jenis kontainer ini sudah mengikuti standar ISO, dan juga disertai dengan pelat CSC yang sudah sesuai standar.

Umumnya barang yang dikirim menggunakan jenis Dry Container Storage adalah barang-barang yang tidak memiliki spesifikasi khusus atau tidak membutuhkan penanganan spesial sehingga dapat dikirimkan menggunakan jenis kontainer ini.

Flat Rack Container

flat container

Flat Rack Container memiliki bentuk yang tidak familiar dan mungkin jarang sekari ditemui dijalan raya. Flat Rack Container tidak tertutup disetiap sisinya, hanya pada bagian depan dan belakang saja. Sisi lainnya terbuka seperti membentuk huruf U. Kontainer ini memiliki 2 jenis ukuran yaitu 20 Flat Rack Container dan 45 Flat Rack Container.

Kontainer ini dapat digunakan untuk mengirim kendaraan seperti truk, kendaraan alat berat, atau barang yang memiliki ukuran yang melebihi kontainer standar.

Open Top Container

Jenis jenis kontainer dan kegunaannya - open top container

Dari nama kontainer sudah diketahui bahwa Open Top Container adalah peti kemas yang memiliki sisi bagian atas yang terbuka. Namun bukan mengartikan bahwa tidak bisa ditutup, karena bisa saja ditutup menggunakan terpal berkualitas tinggi sehingga sangat mudah untuk di adjust.

Untuk ukuran dari kontainer ini sama seperti flat rack yaitu 20 feet Open Top Container dan 45 feet Open Top Container. Kontainer ini biasa digunakan untuk mengirimkan barang yang melebihi tinggi dari kontainer itu sendiri seperti kendaraan angkut Truk tambang tipe 797f yang ada di Freeport.

Open Side Storage Container

open side storage container

Kontainer yang semua sisinya tertutup seperti dry container, namun perbedaannya terdepat pintu salah satu sisi bagian belakang dan samping. Dengan adanya pinti dibagian sisi samping membuat aktivitas muat barang dapat lebih cepat dan mudah.

Open Side Storage Container memiliki ukuran 20 feet dan 40 feet dan dapat memberikan ruangan yang cukup untuk barang-barang besar.

Double Doors Container

double doors container

Kontainer yang dilengkapi dengan 2 pintu pada setiap sisi ujungnya. Kontainer ini memiliki sebutan lain yaitu “wadah terowongan” karena ketika kedua pintunya dibuka mirip seperti terowongan.

Refrigerated ISO Container

jenis jenis kontainer dan kegunaannya Refeer Container

Kontainer ini memiliki kegunaan yang berbeda dari lainnya. Kegunaan dari kontainer ini adalah untuk mempertahankan suhu dingin agar barang atau makanan yang diangkut tidak rusak dan tetap dalam kondisi segar.

Thermal Container

Thermal Container

Kontainer ini juga dapat mempertahankan suhu atau temperatur dalam ruangan. Terdapat kopressor mekanik untuk dapat mendinginkan dan juga memanaskan udara dalam wadah ruangan. Kontainer ini diperuntukan untuk pengiriman makanan, obat-obatan, darah, bahan kimia atau biologis dengan jarak jauk.

Tank Container

Jenis Jenis Kontainer Tank Container

Kontainer ini digunakan untuk mengirim bahan cair yang digunakan dalam industri pelayaran. Kontainer tank ini memiliki fitur yang sudah standar internasional sehingga layak digunakan. Kontainer ini terbuat dari baja kuat yang anti korosi dan memiliki lapisan pelindung di sekelilingnya.

Half Height Container

Half Height Container

Memiliki ukuran tinggi yang hanya setengah dari dry container dengan bahan yang sama persis. Kontainer ini biasanya digunakan untuk pengiriman batu bara dan bebatuan lainnya. Kotainer ini dirancang setengah karena digunakan untuk mengangkut barang yang berat dan padat.

Uniknya kontainer ini memiliki pusat gravitasi yang rendah, maka dari itu jenis ini cocok untuk menangani beban lebih berat dan kontainer itu senduri.

Car Carrier Container

Car Carrier Container

Dilihat dari luar, sama seperti dry containter tapi ketika kamu lihat bagian dalamnya sangatlah berbeda. Bagian dalamnya sudah dirancang secara khusus agar dapat menyimpan kendaraan mobil.

Drums Container

drumbs container

Kontainer yang memiliki bentuk melingkar dan tersebuat dari bahan baja pilihan, logam ringan, serat, pelastik keras dan lainnya. Kontainer ini digunakan untuk mengirim bahan cair.

Special Purpose Container

Special Purpose Container Untuk Pengiriman Senjata dan Lainnya

Kontainer yang diperuntukan untuk layanan profil tinggi seperti pengiriman senjata dan pembakaran.

Swap Bodies

Jenis kontainer ini (swap bodies) pada umumnya digunakan di benua biru. Swap bodies memiliki atap convertible yang kuat, kegunaan dari kontainer ini pun sama seperti dry container storage. Walaupun belum termasuk dalam kategori standar ISO.

High Cube Container

High Cube Container dry container

Jika kamu ingin mengirimkan barang dengan menggunakan kontainer atau peti kemas. Silahkan hubungi marketing djatGO untuk dapat membantu kamu dalam mengirim barang menggunakan kontainer melalui Jasa Sewa Container, atau klik tombol whatsapp untuk konsultasi langsung dengan marketing djatGO.

Secara umum pengiriman barang menggunakan kontainer di Indonesia masih banyak menggunakan dry container dan juga refeer container.

Jika kamu sedang membutuhkan pengiriman menggunakan kontainer Full Container Load (FCL) bisa melalui djatGO dengan menghubungi marketing dibawah ini. Kamu juga bisa konsultasi terlebih dahulu.

 

Jika Ada Pertanyaan Tanyakan ke Kami

Kamu dapat hubungi kami untuk berkonsultas seputar pengiriman FCL dengan klik tombol “Hubungi Kami

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya