djatgo.id - Jasa Ekspedisi dan Cargo Murah ke Seluruh Indonesia
(021) 666 8888

4 Perbedaan Packing dan Packaging yang Belum Orang Tahu

4 Perbedaan Packing dan Packaging yang Belum Orang Tahu – Saat ini istilah packing dan packaging sering diartikan keliru oleh banyak orang. Padahal secara tujuan antara packing dan packaging tidaklah sama, walaupun keduanya memiliki arti mirip yaitu kemasan.

Jika kamu sedang terjun dalam dunia usaha, saran djatGO agar mengetahui perbedaan packing dan packaging. Sebab keduanya memiliki pengaruh bagi usaha kamu yang bersinggungan dengan branding dan logistik.

4 Perbedaan Packing dan Packaging

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan packing dan packaging, lihat pembahasannya dibawah ini!

Perbedaan Packing dan Packaging

Dalam menjelaskan perbedaan packing dan packaging djatGO akan membagi dalam beberapa point. Berikut ini adalah perbedaan packing dan packaging:

1. Definisi : Apa itu Packing dan Packaging

Packing adalah proses membungkus atau mengemas barang baik itu dengan kardus tambahan, bubble wrap, kayu, dan lain sebagainya. Umumnya packing dilakukan ketika mengirim barang keluar kota menggunakan ekspedisi.

Packaging merupakan proses mengemas barang agar terihat menarik dimata banyak orang dan dapat meningkatkan nilai dari produk itu sendiri. Selain itu packaging memiliki kelebihan lain dalam bisnis yaitu sebagai identitas sebuah brand.

Baca Juga : Cara Aman Kirim Kulkas ke Luar Kota dengan Ekspedisi

2. Perbedaan Berdasarkan Tujuan

Bagian ini djatGO akan memberikan perbedaan antara packing dan packaging berdasarkan tujuannya. Akan lebih mudah dijelaskan dengan contoh yang biasanya dilakukan pada beberapa orang saat ini.

unboxing-ponsel
Sumber : Google Image

Ketika membeli ponsel terbaru di marketplace, sebutlah brand-nya adalah Ponsel A. Kondisi ponsel saat kamu diterima adalah dibungkus dengan kardus coklat atau biasanya juga menggunakan bubble wrap. Untuk dapat melihat ponsel yang dibeli, kita harus melakukan unboxing.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form

Pertama membuka kotak kardus coklat atau bubble wrap. Setelah terlihat kotak ponselnya, kamu menyobek plastik tipis yang membalut kotak ponsel. Kemudian membuka segel terlebih dahulu sebelum mengeluarkan ponsel yang ada didalam kotak.

Dari ilustrasi diatas kita dapat mengetahui bahwa kardus coklat atau bubble wrap termasuk packing, sebab ia menjadi bagian terluar untuk memproteksi barang.

Sedangkan plastik tipis, kardus ponsel, segel, dan juga kardus ponsel termasuk dari bagian dari packaging. Sebab adanya plastik tipis, segel, dan kardus ponsel menambah nilai dan sebagai daya tarik dari ponsel itu sendiri.

Apa sudah menangkap tujuan dari packing dan packaging? Izinkan djatGO bantu jelaskan, jadi packing digunakan untuk proteksi terluar dari benturan, gesekan, maupun goresan saat proses pengiriman berlangsung. Sedangkan packaging dimaksudkan untuk menambah daya tarik dari sebuah produk dimata konsumen.

Baca Juga : Ukuran Kasur Busa & Spring Bed Single, Double, Queen

3. Material Packing dan Packaging

Secara material yang digunakan, kamu juga bisa membedakannya antara packing dan packaging. Berikut ini perbedaan material yang umum digunakan di Indonesia, simak dibawah ini:

Material Packing

  1. Bubble wrap
  2. Kardus
  3. Kayu
  4. Shrink plastic
  5. Amlpop
  6. Kardus
  7. Styrofoam
  8. Karung

Material Packaging

  1. Plastik
  2. Kaca
  3. Baja
  4. Aluminium
  5. Kayu
  6. Kertas atau board

4. Perbedaan Desain

doritos
Sumber : Google Image

Perbedaan yang paling jelas bisa dilihat sceara langsung, sebab packing memiliki design yang tidak menarik hanya memiliki satu warna saja atau bahkan juga transparan seperti shrink plastic. Namun material packing cukup tebal bahkan ada juga keras seperti kayu sehingga dapat melindungi barang saat dikirim.

Untuk desain dari packaging wajib menarik dan terkadang juga informatif. Contoh desain yang menarik dan informatif adalah kardus ponsel, tidak hanya memperlihatkan tampilan ponsel tapi juga terdapat tulisan yang menjelaskan tentang spesifikasinya.

Tujuan dari desain packaging dikemas menarik agar dapat atensi dari orang, menginformasikan produk, branding, memicu emosi, meningkatkan nilai, dan melindungi produk.

Manfaat Packing Dalam Ekspedisi

Berbicara tentang packing biasanya bersinggungan dengan kegiatan pengiriman baik itu untuk barang kecil maupun besar. Pada beberapa barang malahan diharuskan untuk menggunakan packing khusus seperti barang elektronik disarankan menggunakan material kayu.

Adapun manfaat dari packing itu sendiri dalam dunia ekspedisi adalah sebagai berikut:

Mencegah Kerusakan Saat Proses Pengiriman

Apapun hal dapat terjadi seperti benturan, gesekan, atau barang rusak dapat terjadi dalam pengiriman barang pada semua jasa ekspedisi. Namun dengan adanya packing barang hal tersebut dapat diminimalisir sehingga kondisi barang dapat terjaga.

djatGO sendiri menyarankan kepada semua customer agar barang kiriman telah di-packing secara baik guna menghindari hal yang tak diinginkan saat proses pengiriman berlangsung. Jika tidak memiliki material packing ataupun waktunya terbatas, djatGO telah memiliki jasa packing barang di gudang djatGO. Jadi, proses packing dan kirim barang bisa dilakukan dalam satu tempat saja.

Mempermudah Loading dan Unloading

Proses pengiriman dimulai saat barang akan dimuat ke armada seperti truk dan berakhir pada unloading, baik itu di gudang atau lokasi penerima. Saat proses loading barang yaitu memasukan barang ke truk, barang yang telah di-packing akan mudah di pindahkan menggunakan alat-alat pendukung warehouse.

Sehingga proses loading dan juga unloading dapat dilakukan secara cepat meski menggunakan alat semi manual yakni pallet jack.

Meningkatkan Efisiensi Pengiriman

Barang yang telah di-packing biasa akan cenderung rapih dan lebih fit. Sehingga barang dimasukan kedalam truk ekspedisi dapat memuat dengan kapasitas maksimal dari kendaraan tersebut. Sebab barang dapat disusun secara baik dan meninggalkan sedikit ruang kosong. Alhasil dalam satu muatan truk tersebut dapat mengirim banyak barang dalam satu kali pengiriman.

Referensi

Byjus. Diakses pada 20 Mei 2024. Different Between Packing and Packaging.
Uniuso. Diakses pada 20 Mei 2024. What is the Difference Between Packaging and Packing.
Gamepak. Diakses pada 22 Mei 2024. Jenis Materaial Packaging: Macam, Kelebihan, & Kekurangan.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya