22 Cara Packing Pindahan Rumah Lengkap & Tanpa Ribet

Packing Pindahan Rumah

Kegiatan packing barang tidak berat dengan catatan jika jumlahnya sedikit. Namun berbeda soal jika harus packing pindahan rumah dan pasti akan melelahkan sekaligus menasyikan. Packing pindahan rumah tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan yang tepat. Karena yang perlu kamu ketahui barang-barang yang akan dipindahkan tentunya berjumlah banyak dan mungkin saja ukurannya besar.

Maka dari perlu adanya perencanaan tentang packing barang pindahan agar dapat lebih efektif dengan memprioritaskan barang apa saja yang harus di packing terlebih dulu dan mengelompokan barang-barang dalam satu tempat atau kontainer.

Berikut ini adalah beberapa tips efektif tentang packing pindahan rumah baik itu yang akan dilakukan dalam satu kota, antar kota, atau antar pulau. Simak baik-baik caranya!

Persiapan Sebelum Packing Pindahan Rumah

Langkah awal yang harus dilakukan adalah lakukan persiapan sedini mungkin. Jangan sampai menunda daftar dibawah ini. Tentu saja hal ini dilakukan demi memperingan packing barang sehingga tidak lelah. Persiapan ini juga diharapkan agar tidak ada barang-barang yang tertinggal atau tidak terbawa di rumah baru.

Pilih Hari Baik Pindah Rumah

Sebelum melakukan semua kegiatan untuk pindahan rumah, tentukan terlebih dahulu kapan semua barang akan diangkut dan kapan rumah lama harus dikosongkan. Setelah itu bisa dikomunikasikan kepada orang rumah agar bisa bersiap-siap dan melakukan kegiatan packing barang secara bertahap.

Baca Juga : Cara Menghitung Kubikasi

Beberapa orang mempercayai kalau ada hari baik untuk pindah rumah dengan alasan dapat mempengaruhi keberuntungan dan nilai positif baik itu untuk nanti dirumah baru atau lainnya. Jika ditelusuri dalam pencarian Google terdapat hari baik yaitu hari baik pindah rumah menurut islam, hari baik pindah rumah menurut primbon Jawa, hari baik pindah rumah menurut Pancasuda, dan hari baik pindah rumah menurut feng shui.

Buat Daftar Barang Apa Saja yang Dibawa

Buat Daftar Packing Barang

Setelah sudah mengetahui waktunya kapan harus pindah, segera buat daftar atau checklist barang apa saja yang akan dibawa kemudian buat timelinenya sesuai yang kamu inginkan. Kemudian juga tentukan tempat penyimpanan barang yang akan digunakan saat packing pindahan rumah.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira

Agar lebih mudah, bisa juga untuk membuat daftar barang menggunakan excel di komputer atau laptop. Sehingga dapat mempercepat kerjaan kamu dari pada harus menggambar tabel dan menuliskannya secara manual. Kamu dapat sekalian keliling rumah dulu sambil memetakan daftar yang akan dibuat seperti apa.

Siapkan Tas Untuk Barang Prioritas

Alangkah sialnya jika barang yang tertinggal adalah barang penting, namun karena ukurannya kecil sehingga tidak teringat juga tidak nampak oleh mata. Kalau pun ingat dan akan disimpan, kamu harus meletakan semua barang kategori barang prioritas dalam satu tempat. Contohnya bisa mengguanan tas atau kotak penyimpanan khusus yang bisa diselipkan di tas daypack sehingga bisa selalu dibawa saat pergi.

Bisa saja untuk menyimpan jadi satu ke dalam barang-barang lainnya. Namun karena termasuk barang penting, akan lebih baik jika bisa dibawa atau menempel dengan badan kamu.

Siapkan Koper, Kontainer, atau Kardus

Tempat penyimpanan digunakan sebagai media untuk mengelompokan barang  agar dapat lebih mudah memindahkan beberapa unit secara sekaligus. Gunakan koper, kontainer, tas, atau jika memang tidak ada bisa menggunakan kardus tidak terpakai.

Pastikan untuk memperkirakan ukuran tempat penyimpanan dan juga kualitas dari tempat itu sendiri. Tidak mungkin untuk menyimpan barang yang berisko rusak jika kena benturan dan air kedalam kardus lebih baik menggunakan kontainer yang cukup cocok dan anti air.

Siapkan Bubble Wrap

Barang-barang rumah kamu pasti ada yang berbahan baca atau yang mudah pecah. Sehingga kamu butuh jenis bahan packing yang dapat meminimalisir kerusakan bila terjatuh. Salah satu contoh penggunaan jenis bahan packing yang direkomendasikan adalah bubble wrapBubble wrap merupakan jenis bahan packing yang terbuat dari plastik yang memiliki rongga udara untuk meredam benturan.

Kemas Barang Jauh Hari

Beberapa dari kita sering sekali menyepelekan waktu dengan menganggap bahwa “masih lama hari pindah rumahnya sehingga packing pindahan rumah tidak perlu dilakukan saat ini, besok-besok juga bisa“. Anggapan tersebut salah besar, karena akan lebih baik jika pekerjaan packing pindahan rumah dilakukan sedini mungkin ketika sudah mengetahui hari atau tanggal pindahan rumah.

Baca JugaApa Arti Port to Port

Jangan terlena dengan tanggal yang masih lama. Kamu sudah membuat daftar barang apa saja yang akan dikemas sehingga bisa dilakukan bertahap. Sedikit demi sedikit melakukan packing pindahan rumah akan terasa lebih ringan daripada langsung dalam kurun waktu singkat. Tentunya tidak akan efektif dan cenderang terjadi kekhilafan akan barang yang tertinggal.

Kurangi Membeli Bahan Makanan Menjelang Pindahan Rumah

Makan dan minuman di kulkas tidak mungkin akan dibawa semua ke rumah baru. Usahakan tidak membeli makanan atau minuman sceara berlebihan apa lagi seminggu sebelum pindahan rumah. Agar ketika pindahan kulkas dapat dibawa dengan mudah tanpa harus membuang banyak makanan dan minuman dengan sia-sia. Kamu dapat membeli makanan dan minuman ketika sudah berada di rumah baru.

Cara Packing Baju Pindahan Rumah

Cara Packing Baju Pindahan Rumah

Ketika sudah selesai untuk mengemas barang-barang rumah kamu belum berarti selesai. Ada kebutuan lainnya yang perlu dikemas seperti pakaian. Berikut ini adalah cara packing baju atau pakian saat akan pindahan rumah, simak dibawah ini!

Keluarkan Semua Pakaian

Pertama yang harus dilakukan adalah keluarkan semua pakaian dari dalam lemari, laci, dan lainnya. Ada cara efektif untuk mengaturnya yaitu sortir pakian berdasarkan kategori warna, ukuran. Tumpukan pakaian pakaian sedikit bisa ditempatkan pada koper kecil atau kontainer kecil begitu sebaliknya dengan tumpukan pakaian banyak.

Pisahkan dengan Pakaian yang Tidak Ingin Dibawa

Jika dulu saat semua pakaian masih tersimpan di lemari, tidak ada pernah terpikir untuk mencoba mengambil pakaian yang terdapat dibagian bawah. Karena biasanya pakaian yang sudah lama ditempatkan pada bagian paling bawah dan sayang untuk dibuang. Saat semua pakaian dikeluarkan, baru terlihat bahwa pakai lama sudah terdapat jamur, kutu, robek, dan sebagainya.

Pertimbangan dengan baik apakah pakaian yang sudah lama tersebut masih layak digunakan atau tidak. Bisa juga untuk menyumbangkan pakaian lama namun masih bagus dan pantas digunakan ke panti asuhan atau organisasi amal. Untuk pakaian yang sudah bolong, bisa dibuang atau dimanfaatkan dalam hal lain.

Lipat Pakaian Secara Rapih

Melipat pakaian adalah hal yang menentukan pakaian akan tetap rapih atau tidak. Ada juga teknik melipat pakaian agar dapat tetap rapih dan dapat masuk ke koper sebanyak mungkin sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang banyak.

Pastikan tetap mengelompokan pakaian seperti sebelumnya, atau sebelum ditaruh ke koper bisa juga dimasukan ke dalam plastik klip dengan ukuran minimal 30 x 20. Buat label dengan yang bertuliskan kelompok sehingga lebih mudah ketika pakaian butuh diambil.

Masukan Ke Dalam Kontainer atau Koper

Jika semua barang sudah dimasukan kedalam plastik klip, taruh ke dalam koper atau kontainer. Jika menggunakan koper, pilih yang memiliki roda sehingga mudah untuk dibawa.

Cara Packing Barang Pindah Rumah

Packing Barang Pindah Rumah

Foto Unit Kabel yang Terpasang di Elektronik

Sebelum kamu mencabut semua kabel yang terdapat di barang elektronik ada baiknya difoto terlebih dahulu sehingga ketika sampai di rumah baru dapat dipasang sesuai penempatannya. Contohnya pada elektronik TV LED yang dihubungkan pada beberapa alat elektronik lain seperti DVD, Sound, LAN, dan sebagainya. Dengan berbagai kabel yang terpasang di TV tersebut akan sulit jika harus diingat.

Simpan Dokumen Penting di Display Book

Jika terdapat dokumen-dokumen penting seperti surat tanah, sertifikat, pendidikan, atau lainnya dirumah. Kumpulkan dan jadikan satu, kemudian simpan di display book atau mapDisplay book dan map dapat melindungi dokumen tercecer dan menjaga dokumen tersebut tidak rusak (sobek, kotor, dan bolong) ketika proses pindah rumah.

Gunakan Jenis Packing Tambahan Untuk Barang Rentan Rusak

Barang-barang dalam rumah kamu pastinya ada berbagai jenis bahan seperti kaca, plastik, karet, logam, dan lainnya. Kamu tidak mungkin ingin diantara barang-barang tersebut rusak ketika sampai di rumah baru. Bukan berarti koper, kontainer, dan kardus tidak berguna. Namun perlu dilapisi oleh jenis packing barang lainnya seperti untuk melingungi gelas atau barang yang berbahan kaca menggunakan bubble wrap dililit dengan tebal.

Baca JugaMengenal Kapal RORO Pengangkut Mobil di Pelabuhan

Kemudian ditempatkan pada kardus atau kontainer dan disatukan dengan jenis barang yang sama. Contohnya, sebelum dimasukan ke kontainer dan kardus dapat dilapisi bubble wrap. Kemudian piring tersebut disusun secara vertikal untuk mengurangi risiko piring pecah.

Kelompokan Semua Alat Mandi dengan Plastik

Jangan jadikan satu alat mandi dengan baju atau buku. Lebih baik dikelompokan sendiri dan kemudian disimpan ke dalam plastik. Kemudian masukan alat mandi yang sudah dimasukandalam plastik ke organizer box plastic. Organizer ini digunakan untuk menghindari alat mandi tertekan dengan alat lainnya.

Cara Packing Furniture dan Mebel Rumah

Cara Packing Barang Pindah Rumah

Sekarang saatnya untuk packing furniture yang memiliki ukuran besar dan juga berat. Cara packing-nya tidak sama dengan barang-barang diatas, ada trik tersendiri agar furniture bisa dalam kondisi baik saat berada di rumah baru. Berikut ini adalah cara jitu yang bisa dilakukan, simak baik-baik!

Pilih Jenis Bahan Packing

Ada berbagai jenis bahan packing yang bisa digunakan untuk melapisi furniture seperti kardus dan film stretch. Kardus dapat digunakan sebagai pelindung furniture dari benturan barang lainnya. Kemudian film stretch yang berbahan plastik elastik dapat digunakan untuk melindungi dari debu dan juga air. Karena beberapa furniture mungkin berbahan kayu yang akan rusak jika terkena air.

Kamu bisa mengkombinasikan antara film stretch dan kardus untuk membungkus furniture. Film stretch sebagai pelapis pertama sedangkan kardus untuk perlindungan terluar.

Pisahkan Bagian yang Dapat Dilepas

Sebelum membungkus ada baiknya lepaskan bagian yang memungkinkan dapat dilepas. Setelah itu jadikan satu dalam tempat yang sama. Hal ini untuk menghindari tercecernya bagian tersebut dan dapat memudahkan furniture untuk dikemas.

Baca JugaJenis-jenis Truk dan Kapasitasnya

Bersihkan Segala Sudut

Ini adalah saat yang tepat untuk membersihkan furniture, karena ada saja bagian yang sulit untuk dijangkau saat dibersihkan. Bersihkan furniture dari debu dan juga sarang laba-laba menggunakan kain kering. Usahakan tidak ada lagi debu dan sarang laba-laba yang tertinggal.

Bungkus Setiap Sudut

Bagian furniture yang sering sekali bersenggolan dengan barang lainnya yaitu bagian sudut. Ada baiknya untuk melapisi setiap sudutnya menggunakan kardus yang tebal. Tujuan dari cara ini untuk menghindari lecet atau rusak ketika berbenturan sehingga tidak perlu pusing memikirkan kondisi furniture saat pindahan berlangsung.

Lapisi Bagian Lainnya Lebih dari 2x

Jika ingin lebih aman dari segala kemungkinan yang terjadi bisa melapisi secara berlapis. Pada lapisan pertama menggunakan film stretch atau bubble wrap. Kemudian pada lapisan kedua menggunakan strerefoam, kemudian pada sisi luar menggunakan kardus. Kombinasi ini dapat meredam getaran, benturan, dan gesekan yang akan membahayakan kondisi furniture kamu.

Pasang Stiker Untuk Peringatan

Hal ini cukup penting dilakukan agar orang yang mengangkat barang tersebut dapat mengerti pesan dari stiker tersebut dan akan berhati-hati. Stiker yang biasanya digunakan adalah Fragile yang berwarna merah. Jika tidak memiliki stiker fragile dapat menuliskan “barang pecah belah” disetiap sisinya. Perlu dingat bahwa stiker dan tulisan tersebut ditempelkan pada lapisan terluar.

Namun jika repot untuk mengurus barang-barang elektronik, mebel, dan furniture diatas. Dapat menggunakan jasa pindahan rumah yang terpercaya. Berikut ini adalah rekomendasi jasa ekspedisi pindahan rumah yang berpengalaman.

Gunakan Jasa Pindahan Rumah Agar Lebih Mudah

Mengurus pindahan rumah tidaklah mudah bahkan sangat melelahkan. Apalagi saat mengemas furniture, elektronik, dan lainnya secara mudah dan tidak membuat capek. Pilih jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman dalam urusan pidahan rumah salah satunya djatGO. djatGO memiliki layanan pindahan rumah yang dapat mengirimkan barang pindah kamu antar kota, provinsi, bahkan juga pulau. Adapun kelebihan menggunakan jasa ekspedisi pindahan rumah bersama djatGO. Berikut in adalah kelebihannya, simal baik-baik!

Pekerjaan Pindah Rumah Menjadi Ringan

Sudah tergambarkan bagaimana repotnya untuk urusan pindahan rumah. Belum lagi untuk mengirim barang yang besa-besar tersebut seperti apa. Maka dari itu kamu perlu jasa pindahan rumah bersama djatGO. Urusan loading dan unloading barang akan lebih mudah, kemana pun lokasi baru kami akan antar.

Memiliki Armada Sendiri

djatGO memiliki armada kendaraan sendiri, dengan ukuran yang berbeda-beda. Bagaimana pun ukuran barang kamu, pasti bisa diangkut oleh kendaraan djatGO.

Tersedia Layanan Packing

Beberapa diantara kamu akan repot jika harus menyiapkan berbagai bahan packing seperti bubble wrap, kayu, kardus, film stretch, dan lain sebagainya. Karena belum tentu semua bahan packing tersebut akan habis digunakan. Bisa jadi ada banyak sisa yang tidak terpakai, alhasil akan sia-sia. Maka dari itu, kamu juga bisa menggunakan layanan packing dengan dajtGO. Kami memiliki berbagai bahan packing yang akan disesuaikan dengan barang rumah kamu.

Jika barang elektronik akan direkomendasikan untuk menggunakan kayu untuk mengurangi kerusakan. Bahkan sampai furniture ukuran besar juga bisa kami packing. Kamu tidak perlu repot sama sekali untuk urusan ini.

Terdapat Asuransi

Semua barang yang ingin kamu kirim, pastinya berharap bahwa barang dapat sampai dengan kondisi baik. Kalau pun terdapat lecet atau apapun selama proses pengangkutan terdapat kompensasi. Untuk hal tersebut, djatGO bekerja sama dengan perusahaan asuransi ternama yaitu Victoria Insurance sebagai perlindungan selama proses pengangkutan berlangsung. Kamu bisa baca artikel lengkapnya di djatGO tentang layanan asuransi pengangkutan.

Dapat Mengirim Mobil dan Motor

Jika kamu memiliki kendaraan seperti motor dan mobil kemudian ingin kendaraan tersebut dikirim ke lokasi rumah baru. Bisa menggunakan juga jasa pengirimanm mobil dan pengiriman motor murah bersama djatGO. Kami sudah mengirimkan ratusan mobil dan motor ke berbagai kota di Indonesia.

Kamu dapat menghubungi langsung marketing djatGO sekarang dibawah ini, atau juga bisa membaca artikel yang lebih lengkap tentang jasa pindahan rumah.

Catatan : Belum menerima jasa pindahan antar JABODETABEK

Gunakan Jasa Pindahan Rumah

Urusan pindah lebih mudah dengan djatGO
Hubungi Kami Sekarang...!

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya