Jenis Jenis Truk dan Kapasitasnya dalam Ekspedisi

Jenis Truk dan Kapasitasnya

Jenis Jenis Truk dan Kapasitasnya – Truk biasa digunakan untuk kendaraan pengangkut barang, baik mautan yang ringan maupun berat. Truk sangat berguna bagi para pelaku usaha dalam menangani keperluan logistik dan pengiriman barang.

Para pelaku usaha atau korporasi sering menggunakan truk dalam berbagai jenis dan ukuran. Jika kamu ingin menggunakan transportasi truk sebagaimana yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha atau koorporasi, ada baiknya ketahui seputar jenis, volume, dan kapasitas dari truk itu sendiri.

Dengan informasi yang kamu dapat mengenai jenis, volume, dan kapasitas truk kamu dapat menyesuaikan kebutuhan. Sehingga dapat menentukan truk lebih murah dan efesien. Berikut ini adalah jenis-jenis truk yang digunakan ekspedisi di Indonesia.

Jenis Truk dan Kapasitasnya

Truk Pick Up

jenis truk dan kapasitasnya

Jenis truk yang paling umum dijumpai di jalan raya dan diminati adalah truk pickup ini. Truk ini  memiliki rangka terpisah dan bak terbuka yang dapat digunakan untuk mengangkut barang-barang besar. Diantara jenis truk pickup yang paling digemari adalah pickup L300 bak, pickup box, pickup reefer. Pickup L300 sering digunakanuntuk membawa barang-barang yang beragam.

Diantara ketiga jenis truk tersebut memiliki kapasitas dan volume yang beragam. Ukuran mobil box dengan jenis pickup memiliki panjang 230 cm, lebat 140 cm, dan tinggi 124 cm. Jenis truk ini dapat mengangkur muatan dalam jumlah 1 ton dengan dimensi colume yang kecil yaitu 4 CBM.

Sama halnya dengan Pickup Box, jenis truk pickup reefer juga memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang sama. Begitu juga dengan muatan yang dapat diangkut oleh truk ini.

Terakhir adalah pickup L300 bak yang memiliki panjang 230 cm, lebar 140 cm, dan tinggi 30 cm. Maksimal muatan yang dapat diangkut menggunakan jenis truk ekspedisi ini adalah 1 ton dengan dimensi 6 CBM.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Mobil Pengirimanb Barang - Truk Colt Diesel Engkel

Truk yang kedua adalah jenis colt diesel engkel atau truk engkel yang populer digunakan oleh perusahaan. Ukuran disemsi dari truk ini lebih besar dan memiliki roda yang berjumlah dua pasang sebagai sumbu yang masing-masing dapat mengatur roda.

Kapasitas muatan truk colt diesel yakni dapat mengangkut 2 sampai 5 ton dalam sekali jalan. Artinya dapat membawa barang berukuran besar atau berdimensi 6 CBM.

Baca JugaJasa Pengiriman Mobil

Truk BOX CDD (Double)

Mobil Pengirimanb Barang -Colt Double Diesel

Jenis truk dan kapasitasnya yang lain adalah truk Box CDD yang sama seperti CDE namun memiliki dimensi yang lebih besar dari truk CDE. Namun perbedaanya terletak pada 4 roda dibagian belakang untuk sumbunya tetap sama yaitu 2. Kelebihan truk CDD dibandingkan dengan truk CDE adlah dapat membawa barang yang lebih besar. Juga truk ini sering dimodifikasi menjadi truk CDD Long. Artinya truk ini adapat membawa barang sekitar 30 kubikasi. Ukuran truk double engkel ini yakni panjang 4.5 meter, lebar 2 meter, dan juga tinggi 2 meter.

Truk Fuso

Mobil Pengirimanb Barang - Truk Fuso

Truk Fuso yang mirip dengan truk CDD namun memiliki kapasitas muatan yang berbeda jauh, Truk ini dapat mengangkut barang dengan berat 7-8 ton. Kapasitas truk Fuso untuk muat barang yang bisa diangkut dalam maksimalnya adalah 30 kubik. Truk Fuso ini tergolong sebagai transportasi angkut besar di kelasnya. Memiliki panjang 6 meter dengan lebar 2,45 meter dan paling umum digunakan oleh perusahaan ekspedisi.

Truk Tronton

kapasitas truk tronton

Truk tronton adalah transportasi pengiriman barang yang dapat mengangkut dengan kapasitas yang sangat besar dibanding dengan truk lainnyan. Jenis truk ini memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 roda sumbu bagian depan dan 2 dibagian belakang dengan jumlah roda sebanyak 10 dan konfigurasi rodanya adalah 1-2-2. Ukuran

Kapasitas truk tronton dapat mengangkut sebesar 30 kubikasi / cbm dengan berat maksimumnya ialah 10 – 20 ton. Alasan ini yang membuat truk tronton menjadi transportasi angkut barang yang digunakan oleh jasa cargo untuk mendistribuasikan berang ke berbagai kota.

Truk Trintin

Truk Pengiriman - Truk Trintin

Truk trintin adalah bagian darii jenis truk trailer di Indonesia yang dapat mengangkut barang dengan berat diatas 20 ton juga sangat lincah untuk bermanuver di tempat sempit. Truk ini memiliki 3 sumbu roda.

Perbedaan antara truk ini dengan truk tronton pada sumbu roda kedua berada di tengah dan menggunakan mekanisme FWS (Four Wheel Steering). Artinya truk ini memiliki 4 roda yang bisa bermanuver secara bersamaan.

Baca JugaKirim Motor via Kereta

Ttruk Trinton

Mobil Pengiriman Barang -Truk Trinton

Kemudian jenis truk dan kapasitasnya yang akan dibahas adalah truk Trinson. Truk Trinton dapat menampung berat barang mencapai 30 ton. Truk Trinton menggunakan 12 roda dengan pembagian 4 roda berada di depan dan 8 buah roda dibagian belakang. Dengan menggunakan 2 sumbu roda yang didukung oleh teknologi FWS, sehingga dapat digerakan saat berbelok. Lalu pada bagian belakang terdapat 2 sumbu yang letaknya berjajar.

Jumlah roda yang dimiliki oleh truk ini yaitu 12 buah yang pembagiannya yaitu 8 buah roda dibelakang, 4 buah dibagian depan yang ditopang oleh 2 sumbu.

Truk Trailer

Mobil Pengiriman Barang - Truck Trailer

Truk Trailer saat ini sudah sangat sering digunakan untuk pengiriman barang muatan paling besar. Dalam satu kali pengiriman truk ini dapat membawa muatan 20 hingga 60 ton.

Terdapat dua jenis truk trailer yaitu 20 feet dan 40 feet. Truk trailer 20 feet mempunyai 4 hingga 5 sumbu roda, lain halnya dengan truk trailer 40 feet memiliki 6 roda sumbu. Terdapat juga berbagai fungsi dari trailer ini seperti flatved, flat track, box, dan trailer lowbed. Bisa baca juga artikel tentang jenis-jenis kontainer, ukuran, dan kegunaannya karena berhubungan erat dengan truk trailer ini.

Contoh penerapan transportasi diatas dalam jasa ekspedisi seperti yang sudah digunakan di djatGO. Ketika customer ingin mengirim barang dan meminta barangnya dijemput, maka djatGO menggunakan truk CDE untuk menjemput barang tersebut. Kemudian untuk mengirimkan barang dari gudang djatGO ke kota tujuan menggunakan truk trailer yang telah digabungkan dengan container atau menggunakan truk Tronton.

Itulah jenis-jenis truk dan kapasitasnya dalam ekspedisi pengiriman. Ternyata ada banyak truk yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengiriman barang dan telah dipergunakan oleh jasa ekspedisi seperti djatGO. Memiliki armada sendiri yang tentunya dapat mengirim barang ke berbagai kota di Indonesia dan juga biaya kirim menjadi lebih murah.

 

 

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya