Mengenal Kapal RORO Pengangkut Mobil di Pelabuhan

Kapal RORO adalah

Salah satu transportasi yang dimanfaatkan pada jalur laut untuk pengiriman kendaraan mobil, kendaraan berat, dan lainnya adalah Kapal RORO (Kapal Pengangkut Mobil). Kapal RORO adalah salah satu jenis kapal yang popular dalam dunia pengiriman barang dan kendaraan seperti mobil, container, beko, helikopter, lokomotif, gerbong kereta api, dan lainnya.

Kapal RORO (Roll-on Roll-off) dapat dimanfaatkan menghubungkan darat baik itu antar pulau dalam negeri atau pun antar negara. Kapal RORO sering disebut dengan zero subdivision terdapat ruang muat yang luas untuk kendaraan.

Sejarah Kapal RORO

Dikenalkan pada tahun 1840-an, salah satu perusahaan kapal dari Inggris memperkenalkan Kapal RORO sebagai konsep terbaru, yang dapat mengangkut kereta. Karena pada tahun tersebut jaringan ketera Inggris sedang dibangun dan ingin memperpanjang jalurnya dari Pantai Timur ke Utara (Dundee dan Aberdeen). Terjadi kendala dimana mereka harus membawa gerbong kerta api melewati sungai yang besar dan teknologi jembatan kala itu belum mampu untuk menyebrangkannya.

Kemunculan Kapal RORO tersebut langsung disambut baik dan akhirnya mengangkut gerbong kereta api dan terdapat rel pada dek kapal di tahun 1850. Pengangkutan kereta tersebut dilakukan pada masa kejayaan kerta api bertenaga uap.

Kapal RORO adalah

Setelah itu, selama abad ke-19, penggunaan kapal RORO hanya sebatas pengiriman ketera saja dikarenakan lebih efisien dibandingkan dengan kapal jenis lainnya. Kemudian kapal RORO berkembang ke daerah Baltik sampai Mediterania.

Pada Perang Dunia ke-I, kapal RORO dimanfaatkan untuk mengangkut kerta api, artileri, tank, dan perbekalan selama peperangan berlangsung. Penggunaan Kapal RORO jelas lebih efisien dan banyak keuntungan bila dibandingkan dengan cara konvensional.

Pada Perang Dunia ke-II, kebutuhan akan kapal laut yang relative besar dan mampu mengirimkan tank, mobil lapis baja, pengangku personel, dan kendaraan perang lainnya kemudian dilepas ke pantai dengan cepat. Akhirnya dirancanglah dengan design LST pertama yang dibuat khusus yaitu HMS Boxer untuk membawa 13 tank, 27 kendaraan kecil, dan 200 tentara.

Penggunaan Kapal RORO Secara Komersil

Pada tahun 1946 pemerintah Inggris menyewakan tiga kapal LST kepada Perusahaan Atlantic Steam Navigation. Pada petama kalinya pelayaran komersial dilakukan Tilbuty ke Rotterdam dan membawa 64 kendaraan yang dibeli oleh pemerintah Belanda.

Baca Juga : Jasa Pengiriman Mobil Car Carrier

Selanjutnya pada tahun 1953 Pelabuhan Dover membuka tampat untuk kapal RORO pertama. Hingga saat itu, ada sebanyak 10.000 mobil dikirimkan melalui Pelabuhan setiap tahunnya. Setahun setelahnya terjadi peningkatan pengiriman mobil sebanyak 100.000.

Jenis-jenis Kapal RORO

Perkembangan teknologi perkapalan dan pemanfaatan yang lebih luas lagi membuat banyaknya jenis-jenis kapal RORO diciptakan. Setiap jenis kapal RORO memiliki karakter dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis kapal RORO:

Pure Car Carrier (PCC) dan Pure Car and Truck Carrier (PCTC)

PCC adalah jenis kapal khusus untuk mengangkut mobil saja. Sedangkan PCTC tidak hanya dapat mengangkut mobil melainkan truk dan beragam kendaraan berat lainnya.

Jenis-jenis kapal roro

 

Container Vessel + RORO (ConRo)

Jenis kapal ini merupakan penggabungan antara kapal container dengan RORO. Artinya kapal ini dapat mengangkut peti kemas dan juga kendaraan seperti mobil. Daya angkut kapal ConRo ini dapat mencapai 20.000 sampai 50.000 DWT (Dead Weight Tons).

Pengertian Kapal RORO

 

General Cargo + Roro (GenRo)

Sama seperti GenRo yang menggabungkan kapal kargo dan RORO. Ukurannya terbilang kecil sehingga daya angkut yang dapat ditoleransi yaitu 2.000 sampai 30.000 DWT (Dead Weight Tons).

GenRo

 

RoPax

Kapal RoPax tidak hanya dapat mengangkut kendaraan mobil namun juga menyediakan fasilitas angkut orang. Kapal ini berlayar dengan jarak cukup jauh makanya disebut juga penggabungan antara Kapal Pesiar dengan RORO.

RORO Pasangger Ship (RoPax)

 

Complete RORO

Kapal jenis ini sering digunakan di laut lepas dan bisa mengangkut mautan sekitar 20.000 sampai 40.000 DWT. Kapal ini dilengkapi pinta rampa yang dapat menghubungkan dengan moveble bridge. Secara pengaplikasikan, kapal ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan sipil dapat juga digunakan untuk sector Angkatan laut.

Complete RORO

 

Keuntungan Menggunakan Kapal RORO

Ada banyak transportasi di dunia ini mulai dari pesawat terbang, truk container melalui jalur darat, dan kapal melalui jalur laut. Namun, bila dibandingkan dengan transportasi lainnya, kapal RORO lebih unggul dari sisi fleksibilitas, kecepatan, dan efisien.

  • Kendaraan bisa diantar langsung menuju kapal di Pelabuhan.
  • Kendaraan dapat loading dengan cepat setelah kapal berlabuh.
  • Penanganan kargo lebih sedikit untuk bongkat muat di Pelabuhan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan kargo.
  • Pemilik mobil dan penggunanya bisa diangkut menggunakan Kapal RORO. Sehingga dapat menggunakan mobilnya diluar kota atau negeri.

Layanan Pengiriman Mobil Antar Pulau

Terdapat jasa pengiriman mobil antar pulau di Indonesia yang dapat dicari menggunakan Google. Namun perlu diperhatikan ekspedisi kirim mobil apa yang dipilih haruslah yang berpengalaman dalam urusan pengiriman. Salah satunya adalah jasa ekspedisi djatGO.

djatGO memiliki pengalaman puluhan tahun dalam logistik. Dapat juga melayani pengiriman mobil, motor, alat berat, dan lainnya yang bisa dikirim dengan rute pengiriman Jakarta ke berbagai kota di Indonesia. Terdepat berbagai metode pengiriman mobil termasuk menggunakan kapal RORO. Dapatkan informasi tentang jasa pengiriman mobil dengan membaca artikel dibawah ini:

Dapat informasinya mengenai jasa pengiriman mobil di sana. Terdapat beberapa tahan untuk mengirim mobil dengan berbagai metode pengiriman mobil.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya