djatgo.id - Jasa Ekspedisi dan Cargo Murah ke Seluruh Indonesia
(021) 666 8888

Ketahui Apa Itu Last Mile Delivery, Middle Mile, dan First Mile

Ketahui Apa Itu Last Mile Delivery, Middle Mile, dan First Mile – Rantai pasok memegang peran penting dalam proses memasok barang mulai dari manufaktur sampai ke tangan customer.

Dalam setiap tahapan rantai pasok memiliki peran krusial sehingga perlu menjaga aliran barang agar lancar baik itu saat dikirim, disimpan, dan akhirnya dapat dimanfaatkan oleh customer.

Apa Itu Last Mile Delivery

Ada istilah yang sering digunakan dalam tahapan rantai pasok yaitu first mile, middle mile, dan last mile delivery. Memahami dari ketiga istilah tersebut merupakan hal yang penting, sebab dapat berdampak pada peningkatan efisiensi logistik.

Ketahuilah apa Itu last mile delivery, middle mile, dan first mile lebih jelas dibawah ini!

First Mile

Tahapan awal rantai pasok (supply chain) pengiriman adalah first mile dimana produk akan dikumpulkan dari manufaktur menuju gudang ataupun distributor pusat. Ini dapat mencakup bahan baku, produk jadi, produk setengah jadi, atau komoditas dari pertani.

Contoh implementasi first mile berbeda-beda bergantung pada industrinya. Misalkan manufaktur dalam pengadaan bahan baku tekstil. Dimana produsen kain memesan kapas dari petani di berbagai wilayah. Kapas akan dikumpulkan dan dikirim ke pabrik tekstik menggunakan armada seperti truk atau kereta api.

Baca Juga : 4 Perbedaan Packing dan Packaging

Pada kasus lainnya bisa diambil contoh Amazon dalam industri ecommerce. Dimana Amazon mengumpulkan produk dari berbagai produsen di seluruh bagian negara yang dikumpulkan ke pusat gudang Amazon.

Middle Mile

Pada supply chain tahapan ini berfokus untuk mendistribusikan (mengirim) produk dari gudang pusat ke gudang regional atau penyortir yang berada di daerah-daerah. Misalkan perusahaan sepatu memindahkan stok produk dari gudang pusat yang berada di Jakarta ke gudang regional di Medan, Bandung, dan Surabaya.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form

Tujuan dari proses ini adalah untuk menekan efisiensi dari gudang penyimpanan ke tempat gudang regional atau tempat pengecer sebelum barang dikirim ke customer akhir.

Middle mile menjadi jembatan penghubung antara tahapan first mile dan last mile. Semua tahapan memegang peran penting dalam rantai pasok.

Last Mile

Belanja online menjadi pendorong pertumbuhan last mile delivery di Indonesia. Masyarakat lebih teredukasi dari sebelumnya dalam hal membeli barang tanpa harus melihat, menyentuh, dan sabar menunggu barang dikirim oleh pihak ekspedisi atau merchant.

Akibatnya volume pengiriman last mile menjadi naik secara signifikan. Apa itu last mile delivery? Last mile delivery adalah proses pemindahan barang dari toko ritel atau gudang ke tangan pelanggan.

Baca Juga : Perbedaan Loading dan Unloading Barang Pada Ekspedisi

Pada tahapan ini proses pengiriman harus cepat dan penanganan produk yang baik dituntut untuk memenuhi kebutuhan setiap customer. Sebab citra brand atau merchant bergantung juga dari kualitas pengiriman itu sendiri.

Perbedaan First Mile, Middle Mile, dan Last Mile Delivery Dilihat dari Berbagai Aspek

first mile

Agar lebih dalam mengetahui setiap tahapan rantai pasok, berikut ini adalah perbedaan antara ketiganya yang dijelaskan dalam beberapa aspek.

Jarak

  • First Mile
    Melibatkan jarak dekat hingga menengah dari pemasok atau produsen ke gudang pusat.
  • Middle Mile
    Berfokus pada pemenuhan stok dari gudang pusat ke gudang regional. Umumnya dari gudang pusat ke gudang regional melibatkan jarak menengah sampai jauh.
  • Last Mile
    Lokasi distributor lokal atau toko ritel biasanya memiliki jarak yang dekat baik itu dalam kota maupun kota sekitarnya, sehingga jaraknya relatif dekat.

Volume Barang

  • First Mile
    Volume barang yang dipasok ke manufaktur atau pusat gudang dalam jumlah besar.
  • Middle Mile
    Volume barang yang dipindah menggunakan armada seperti kontainer atau truk dengan skala besar.
  • Last Mile
    Umumnya volume barang yang dikirim sangat sedikit karena konsumen yang membutuhkan beberapa barang yang diperlukan saja untuk pribadinya.

Biaya

  • First Mile
    Biaya yang dibebankan untuk proses ini relatif lebih murah, namun juga bergantung pada jarak dan juga jenis barang yang diangkut.
  • Middle Mile
    Untuk proses ini biayanya lebih mahal dari first mile, sebab melibatkan berbagai moda transportasi.
  • Last Mile
    Karena last mile delivery selalu dituntut akan kecepatan, akurasi, dan penanganan yang baik, maka biayanya relatif lebih mahal dari lainnya.

Teknologi yang Digunakan

  • First Mile
    Teknologi yang digunakan dalam tahapan rantai pasok ini adalah teknologi manajemen inventaris, sistem pengiriman berbasis aplikasi, dan juga GPS.
  • Middle Mile
    Middle mile membutuhkan teknologi seperti sistem manajemen transportasi, warehouse management system, dan teknologi IoT.
  • Last Mile
    Untuk memudahkan konsumen dalam proses pengiriman maka teknologi yang diperlukan seperti aplikasi mobile kurir, teknologi IoT, dan pick up points.
AspekFirst MileMiddle MileLast Mile
JarakDekat hingga menengahRelatif jauhDekat
VolumeBesarBesarKecil
BiayaMurahSedangRelatif mahal
TeknologiTeknologi manajemen inventaris, sistem pengiriman berbasis aplikasi, dan juga GPSSistem manajemen tranportasi, warehouse managemen system, dan teknologi IoTAplikasi mobile kurir, teknologi IoT, dan pick up points
Rangkuman Perbedaan First Mile, Middle Mile, dan Last Mile

Tantangan Pada Setiap Tahapan Rantai Pasok

first mile middle mile last mile

Dalam tahapan rantai pasok pastinya memiliki berbagai tantangan yang krusial dan jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada biaya yang melonjak.

Tantangan First Mile

Tantangan yang paling nyata dalam tahapan ini adalah memastikan barang diambil dengan tepat, pengemasan yang baik, serta sistem informasi praktis untuk menunjang proses tersebut.

Kesalahan yang bisa terjadi dapat menyebabkan kerugian secara material, penundaan, serta kerusakan barang. Operator harus dapat meng-handle dengan baik guna mempercepat proses supply chain.

Baca Juga : Perbedaan 9 Jenis Truk dan Kapasitasnya

Tantangan Middle Mile

Indonesia adalah negara kepulauan dimana pada tahapan ini menjadi tantangan yang cukup berat. Beberapa daerah bisa dijangkau hanya menggunakan transportasi darat sedangkan lainnya mengkombinasikan antara darat dan laut atau menggunakan pesawat saja.

Apalagi jika terjadi cuaca ekstrem, kerusuhan, atau juga bencana alam lainnya. Perlu perencanaan yang rinci dan matang untuk menjawab segala tantangan yang terjadi.

Tantangan Last Mile

Perlu digaris bawahi bahwa tahapan ini akan berhadapan langsung dengan customer. Mereka dapat menilai baik dan buruknya brand atau merchant dilihat dari kepuasan pengiriman barang.

Apa lagi dengan adanya sistem Cash On Deliver yang mana sering menjadi masalah. Pihak ekspedisi sering dirugikan sebab beberapa masyarakat belum teredukasi dengan sistem Cash On Delivery. Barang yang customer dapatkan dari ekspedisi tidak sesuai dengan ekspektasi malah memarahi kurir.

Selain itu tantang lain yang dihadapi pada tahapan ini adalah kemacetan lalu lintas, pengiriman ke berbagai titik, dan lokasi penerima yang sulit dilalui oleh armada tertentu seperti didalam gang sempit.

Oleh sebab itu jasa ekspedisi djatGO hadir untuk menjawab segala tantangan yang terjadi. Pemenuhan stok di gudang pusat sampai ke toko ritel bisa menggunakan jasa ekspedisi kami.

Beberapa keuntunan yang bisa dirasakan secara langsung seperti

  1. djatGO menjalankan sistem door to door service
  2. Gratis jemput untuk area penjemputan JABODETABEK
  3. Ongkir dijamin murah
  4. Sedia packing service
  5. Jangkauan nasional
  6. Proses reservasi yang cepat & mudah
  7. Tersedia sistem tracking
  8. Memiliki berbagai jenis moda transportasi
  9. Pelayanan profesional

Jika ada pertanyaan seputar pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. Silahkan berkonsultasi dengan marketing djatGO melalui form yang terdapat disini.

Kami senantiasa akan membantu bisnis sobat djatGO dalam upaya pengiriman barang yang cepat, aman, juga profesional.

Referensi

McEasy. Diakses pada 28 Mei 2024. Last Mile Delivery: Definisi, Tren dan Strateginya.
Onfleet. Diakses pada 28 Mei 2024. Everything Your Need to Know About First Mile, Middle Mile, and Last Mile Delivery.
Medium. Diakses pada 29 Mei 2024. 3 Tahapan Penting dalam Distribusi Barang.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya