Apa Itu Asuransi Pengangkutan Barang & Cara Menghitungnya

  • Beranda
  • Pos
  • Apa Itu Asuransi Pengangkutan Barang & Cara Menghitungnya

Apa Itu Asuransi Pengangkutan Barang – Dalam dunia logistik ada istilah asuransi pengangkutan barang atau disebut juga asuransi pengiriman. Apa itu asuransi pengangkutan barang, pentingkah untuk menggunakannya, dan seberapa menguntungkan?

Apa Itu Asuransi Pengiriman

Semua akan diulas dalam artikel ini mengenai Apa itu  Asuransi Pengangkutan Barang, simak artikel dibawah ini!

Logistik adalah proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan transportasi melalui berbagai jalur pengiriman seperti darat, laut, dan udara.

Panjang dan lamanya proses pengiriman barang tergantung dari jarak dan moda transportasi yang digunakan. Setiap proses pengiriman pasti memiliki resiko yang bisa saja terjadi seperti barang tertukar, barang hilang, hingga barang rusak.

Apa lagi jika barang yang dikirim adalah barang elektronik atau juga pecah belah. Setiap jasa ekspedisi tentunya memperhatikan keselamatan barang client-nya mulai dari merekomendasikan packing barang yang aman, pemilihan jalur pengiriman, dan lainnya.

Namun semua itu tidak cukup membuat pengirim barang merasa tenang. Maka dari itu butuh suatu cara jitu dimana barang dapat dilindungi sampai alamat penerima. Baca lebih lengkap mengenai asuransi pengiriman atau pengangkutan dibawah ini.

Apa Itu Asuransi Pengangkutan Barang atau Pengangkutan

Asuransi pengangkutan barang adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan berupa ganti rugi sesuai dengan nilai barang. Asuransi ini berlaku selama proses pengiriman barang berlangsung.

Asuransi Pengangkutan Barang disebut juga dengan asuransi pengiriman, juga memiliki definisi yang sama. Jadi jangan bingung jika ada beberapa ekspedisi cargo yang menyebutkan asuransi pengangkutan.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa asuransi pengangkutan ini hanya berlaku ketika terjadi selama proses pengangkutan barang berlangsung.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira

Baca Juga : Freight Forwarder Adalah

Jika memilih jasa ekspedisi bagus, pihak jasa cargo akan memeriksa secara rinci kondisi barang yang akan dikirim. Apalagi yang ingin dikirim adalah kendaraan motor atau mobil.

djatGO melakukan pemeriksaan kondisi barang sebelum dikirim dan dimasukan kedalam catatan pengiriman.

djatGO akan melihat kelengkapan kendaraan dan menambahkan catatan jika ada kondisi yang tidak baik seperti lecet di body motor, tidak ada spion kanan, dan lain sebagainya.

Catatan tersebut akan dikirim ke customer, staf gudang, arsip, dan lainnya. Sehingga semua pihak terkait akan mengetahu kondisi awal kendaraan tersebut.

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dapat dilihat dari catatan pengiriman dan lebih mudah untuk melakukan claim asuransi tersebut.

Jenis-jenis Asuransi Pengangkutan Barang

Terdapat jenis asuransi pengangkutan yang perlu diketahui. Namun pada dasarnya jenis asuransi sama saja yang membedakan adalah jaminan asuransinya. Setiap jaminan asuransi menawarkan berbagai macam keuntungannya, Berikut ini adalah jenis asuransi beserta jaminannya.

Marine Cargo (Asuransi Pengankutan Laut)

Marine cargo adalah polis asuransi pengangkutan yang memberikan jaminan atas barang yang beresiko rusak dikarenakan bencana alam. Contohnya yaitu badai dan petir yang menyebabkan goncangan terhadap barang kiriman.

Selain itu asuransi ini menjadi ketika kondisi kerusakan yang disebabkan kebakaran, kapal tenggelam, dan kapal kandas. Masuknya air kedalam barang dan bongkar muat yang tidak hati-hati juga termasuk yang dijamin oleh asuransi ini.

Good in Land Transit (Asuransi Pengangkutan Darat)

Good in land transit adalah polis asuransi yang memberikan jaminan atas risiko yang terjadi selama proses pengangkutan barang via jalur darat.

Tidak bisa dipungkiri lagi pengiriman menggunakan jalur darat  juga memiliki risiko yang cukup rentang. Contohnya adalah pengiriman barang pecah belahm kerusakan, dan barang yang mudah kadaluarsa.

Air Cargo (Asurasnsi Pengangkutan Udara)

Air cargo adalah polis asuransi yang menjamin barang yang dikirim dapat diklaim jika terjadi hal seperti kerusakan dan kehilangan barang yang disebabkan oleh insiden penerbangan.

Manfaat Menggunakan Asuransi Pengangkutan

Dalam dunia logistik, semua hal dapat memungkinkan terjadi. Karena, walaupun sudah diusahakan berbagai macam cara, tidak ada yang bisa menjamin barang yang kamu kirimkan sampai dalam keadaan seperti sediakala.

Maka dari itu butuh suatu jaminan yang dapat meminimalisir risiko dalam proses pengangkutan tersebut. Dalam beberapa jasa ekspedisi, mewajibkan pengiriman barang menggunakan asuransi.

Bukan semata-mata kewajiban saja, perlu kamu tahu manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan asuransi pengangkutan. Berikut ini adalah manfaatnya, simak baik-baik.

Baca Juga : Ekspedisi Cargo Jakarta Timur

Mencegah Beban Biaya Pribadi

Disaat hal yang tidak diinginkan terjadi seperti motor yang dikirim body motornya ada yang pecah disebabkan selama proses pengangkutan. Maka yang akan menanggung biaya kerusakan itu pengirim barang itu sendiri. Sehingga pengirim harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki body motor yang pecah.

Dengan mengguanakan asuransi pengangkutan, maka kerusakan tersebut akan diganti oleh pihak asuransi dengan semua syarat sudah dipenuhi.

Pengiriman Akan Lebih Tenang

Pengiriman akan merasa jauh lebih tenang ketika menggunakan asuransi pengangkutan. Karena asuransi akan melindungi barang kamu selama proses pengiriman barang berlangsung.

Tinggal pantau saja melalui sistem tracking dari jasa ekspedisi tersebut. Jasa ekspedisi yang baik, pasti memiliki fitur tracking barang di websitenya.

Biaya Asuransi yang Rendah

Biaya asuransi yang akan dikenakan setiap pengiriman barang berbeda-beda. Hal tersbut bergantung pada jasa ekspedisi apa yang kamu pilih. Rata-rata biaya asuransi yang akan dikenakan adalah 0,2% – 0,35% dari nilai pertanggungan barang.

Untuk djatGO sendiri, setiap asuransi akan dikenakan biaya yang sangat rendah yaitu 0,2% dari nilai pertanggungan.

Contoh Perhitungan Asuransi Pengangkutan Barang di djatGO

Setiap jasa ekspedisi mematok besaran biaya asuransinya masing-masing. Khusus di djatGO, biaya asuransi pengangkutannya sangat rendah yaitu hanya 0,2% dari nilai pertanggungannya.

Agar lebih jelas mengenai perhitungannya, berikut ini adalah contoh kasus dimana seseorang akan mengirimkan barang dengan djatGO. Karena pengiriman barang tersebut adalah alat elektronik yaitu mesin cuci, ia mengasuransikannya. Simak, baik-baik!

Premi Asuransi = 0,2% x nilai pertanggungan

Pak Azis ingin mengirim mesin cuci yangbaru ia beli seharga Rp 2.500.000,-. Pak Azis ingin mengirim mesin cuci tersebut dari Jakarta ke Medan dan menggunakan jasa ekspedisi djatGO.

Ketika mengirimkan barang dan menggunakan asuransi pengangkutan, dia mengkonfirmasi ke marketing terkait nilai pertanggung jawabannya. Jika menggunakan rumus diatas akan diketahui biaya asuransinya sebagai berikut:

Premi Asuransi = 0.2% x nilai pertanggungan

Premi Asuransi = 0.2% x Rp 2.500.000

Premi Asuransi = Rp 5.000

Dengan rumus diatas Pelanggan A akan dikenakan premi asuransi sebesar Rp 5.000.

Dengan biaya asuransi yang hanya Rp 5.000 sudah dapat mengcover jika terjadi risiko yang tidak dinginkan.

Baca Juga : CBM Adalah

Cara Klaim Asuransi Pengangkutan

Jika barang kamu mengalami hal yang tidak diinginkan, cukup perhatikan langkah-langkah dibawah ini. Agar proses klaim asuransi dapat diproses secara cepat. Perhatikan, langkah-langkahnya!

  1. Buat berita acara
  2. Sertakan polis asuransi yang diberikan oleh marketing
  3. Buatlah video unboxing dan bukti foto
  4. Buat secara rinci biaya perbaikan termasuk invoice
  5. Lampirkan juga surat jalan ekspedisi
  6. Sertakan packing list
  7. Kirimkan semua dokumen diatas ke marketing ekspedisi

Perlu diketahu, bahwa asuransi ini dapat diklaim setelah 2 x 24 jam setelah barang kiriman kamu sampai atau sudah diterima. Karena proses tersebut akan memakan waktu, jadi harap bersabar menunggu sampai selesai.

Jika kamu ingin lebih jelas mengenai asuransi pengangkutan yang terdapat di djatGO bisa langsung menghubungi marketing djatGO. Nanti akan dijelaskan secara lengkap oleh marketing djatGO.

 

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya