Freight Forwarder Adalah : Arti, Perbedaan, dan Keuntungan

Freight Forwarder Adalah : Arti, Perbedaan, dan Keuntungan –  Untuk mereka yang sudah berkecimpung dalam bidang ekspor dan impor pasti sudah mengenal apa itu freight forwarder. Karena, mereka pasti sudah sering menggunakan jasa freight forwarder.

Namun bagi kamu yang belum mengenal apa itu freight forwarder dan ada pertanyaan tentang apakah freight forwarder adalah jenis yang sama dengan jasa logistik?

Semua akan dibawah mengenai perbedaan diantara kedua itu. Juga akan membahas tentang keuntungan menggunakan forwarder dan rekomendasi forwarder apa yang dapat kamu gunakan untuk mengirim barang.

Simak penjelasan dibawah ini tentang apa itu freight forwarder, apakah freight forwarder adalah jenis yang sama dengan jasa logistik, dan sebagainya dibawah ini.

Apa Itu Freight Forwarder

Freight Forwarder adalah perusahaan jasa pengangkutan barang dan alat lainnya dari suatu lokasi ke lokasi lain dengan jumlah skala pengiriman yang besar. freight forwarder biasa menggunakan peti kemas atau container dalam pengiriman barangnya.

Secara umum freight forwarder digunakan dalam kegiatan ekspor dan impor barang. Namun tidak melulu soal ekspor dan import, freight forwarder juga dapat dapat mengirimkan barang antar kota di Indonesia.

Apalagi, Indonesia memiliki wilayah yang luas, dipisahkan oleh lautan, dan setiap kota bersinergi dalam peningkatan sektor ekonomi dan industrinya. Sehingga freight forwarder juga dapat digunakan untk pengiriman barang antar pulau di Indonesia.

Baca Juga : Pengiriman Paket Tercepat 1 Hari

Tidak hanya bertugas untuk mengirim barang, tapi juga menjadi ahli dalam jaringan logistik. Jasa forwarder juga dapat menggunakan berbagai metode transportasi seperti kereta, kapal, truk, pesawat terbang dan lainnya.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Blog's Form
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Adapun tugas freight forwarder yang lebih dari tu seperti bertugas mengepak barang, mengurus dokumen untuk ekspor/impor dan domestik, asuransi pengiriman, konsultasi, dan pengurusan kepabeanan.

Jenis – Jenis Freight Forwarder

Jenis perusahaan forwarder di Indonesia tidak selalu tentang pengiriman barang ekspor dan import. Maka dari itu, dibawah ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis freight forwarder yang beroperasi di Indonesia.

1. Forwarder Internasional

Jika menyebutkan freight forwarder, mayoritas orang akan mengenal dengan pengiriman ekspor dan import. Forwarder ini dikategorikan sebagai bisnis logistik kelas A.

Sebab forwarder ini melayani pengiriman dalam dan keluar negeri dan dilengkapi dengan berbagai pelayanan untuk kebutuhan client. Contohnya seperti pengeluaran FIATA B/L secara mandiri dan ditunjang oleh sarana/prasarana untuk kegiatan pengiriman barang.

2. Forwarder Domestik

Forwarder domestik ini memiliki area pengiriman yang sama seperti forwarder internasional yaitu dapat mengirim anatar negara. Namun forwarder domestik ini tidak mempunyai izin menerbitkan FIATA B/L.

FIATA B/L atau FIATA Bill of Landing adalah dokumen yang digunakan pafa combined transpotr yang mempunyai kedudukan (negosiasi status) yang dikembangkan oleh Internasional Federation Agent’s Associations (FIATA).

3. Forwarder Lokal

Ini yang sedikit orang belum tahu tentang jenis forwarder satu ini. Forwarder lokal adalah jasa pengiriman barang yang dapat mengirimkan antar wilayah dalam negeri saja. Walaupun seperti itu, forwarder lokal termasuk dalam pengelolaan EMKA, EMKL, dan EMKU.

apa itu freight forwarding

Apa Perbedaan Freight Forwarder dan Jasa Logistik

Bagaimana dengan perbedaan antara freight forwarder dengan jasa logistik. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya yang dijelaskan berdasarkan beberapa poin.

Baca Juga : Jasa Pengiriman Barang Terdekat

1. Layanan Pengiriman

Jasa pengiriman logistik hanya memiliki jalur kirim domestik saja alias lokal. Layanan yang tersedia pada logistik biasanya meliputi penjemputan barang, pengiriman barang, dan asuransi pengankutan. Jenis pengiriman yang biasanya ada seperti door to door dan door to port.

Sedangkan freight forwarder tidak cuma melayani pengiriman barang tetapi juga penyewaan gudang, pengurusan dokumen, pajak pengiriman, hingga asuransi pengangkutan.

2. Tanggung Jawab

Jasa pengiriman logistik bertanggung jawab terhadap pengumpulan, pengemasan, dan pengiriman barang. Untuk pengemasan biasanya dikenakan biaya tambahan dengan besaran yang tergantung jenis bahan packingnya. Sedangkan penjemputan barang dalam beberapa jasa logistik bisa dilakukan dengan minimum jumlah dan berat barang ataupun tidak sama sekali.

Sedangkan freight forwarder betanggung jawab terhadap mengatur dan mengelol proses pengiriman barang. Termasuk dalam memilih moda transportasi, kemudian freight forwarder juga bertanggung jawab terhadap pengurusan dokumen-dokumenyang diperlukan, dan pengaturan asuransi pengiriman.

3. Jumlah Barang yang Dikirim

Jika kamu menggunakan jasa logistik barang yang dapat dikirim mulai dari ukuran kecil 1 kg. Sedangkan ketika menggunakan freight forwarder terdapat syarat minimal berat barangnya.

Biasanya jumlah pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan atau individu memenuhi container 20 feet atau 40 feet. Pada beberapa jasa forwarder juga bisa menerima pengirman dengan barang secara eceran tanpa harus memenuhi container.

Terdapat istilah lain dalam forwarder, dimana pengiriman dengan jumlah barang yang memenuhi container disebut FCL (Full Container Load) dan pengiriman barang eceran disebut LCL (Less Than Container Load).

4. Rute Pengiriman

Jasa logistik dapat mengirimkan barang ke berbagai kota dan pulau dalam negeri. Misalkan pengiriman barang Jakarta ke Makassar (ekspedisi Jakarta Makassar) atau pengiriman barang Jakarta ke Bali (Ekspedisi Jakarta Bali). Rute pengiriman tersebut dapat dilakukan oleh jasa logistik.

Sedangkan freight forwarder memiliki rute pengiriman yang lebih luas dari jasa logistik. Mereka dapat mengirimkan barang antar negara satu sama lain. Maka dari itu, freight forwarder memiliki tanggung jawab yang begitu besar dan banyak seperti pengurusan dokumen-dokumen.

Untuk mempermudah kamu dalam melihat perbedaanya. Dibawah ini adalah versi tabel sehingga kamu dapat melihat perbedaan secara jelas.

PerbedaanLogistikFreight Forwarder
Layanan PengirimanLayanan hanya mencakup pengiriman barangLayanan penyewaan gudang, pengurusan dokumen, pajak pengiriman, hingga asuransi
Tanggung JawabPengumpulan, pengemasan, dan pengirimanBertanggung jawab terhadap pengelolaan proses pengiriman barang termasuk dokumen-dokumen yang diperluklan
Jumlah BarangDapat mengirim barang dengan jumlah satuan dan dengan berat 1 Kg atau juga 50 KgDapat mengirimkan barang dengan jumlah banyak yang dapat memenuhi 1 container 20 feet atau 40 feet
Rute PengirimanDapat mengirimkan barang antar kota, provinsi, bahkan pulau dalam negeriDapat mengirimkan barang lebih luas dari jasa logistik seperti pengiriman barang antar negara

Tugas Freight Forwarder yang Lebih Luas

Selain point-point diatas, ada juga tugas-tugas  dari freight forwarder yang menjadi kebutuhan client. Tugas atau layanan yang dibebankan kepada freight forwarder adalah sebagai berikut

  • Memilih moda transportasi
  • Membuat rencana untuk rute pengiriman yang paling baik diantara keamanan, daya tahan, biaya dan waktu transit yang diperlukan
  • Melakukan negosiasi pada biaya transportasi dan kontrak
  • Mengurus dan penerbitan dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Mengurus berbagai hal mengenai bea cukai
  • Menghitung dan membayar biaya terkait handing, freight serta biaya lainnya
  • Melakukan pengiriman barang sesuai dengan UU
  • Menyerahkan barang ke consignee (penerima barang) dan mendistribusikan sesuai request
  • Membantu dan menyiapkan asuransi
  • Berkoordinasi dengan pihak terkait selama proses pengiriman barang berlangsung
  • Memberikan solusi dan pengepakan secara tepat demi keamanan barang selama pengiriman berlangsung

Manfaat Freight Forwarder

Pada jenis pengiriman barang seperti jasa logistik, cargo, dan juga freight forwarder, terdapat manfaatny masing-masing. Namun yang akan dijelaskan dibawah ini bukanlah ketiga itu, melainkan manfaat kamu menggunakan freight forwarder.

Ini akan memberikan insight kepada kamu yang masih bingung lebih baik menggunakan freight forwarder atau lainnya. Simak baik-baik penjelasan dibawah ini!

1. Menjadikan Pengiriman Barang Lebih Mudah

Menggunakan jasa freight forwarder akan memangkas beberapa tugas yang harusnya dikerjakan secara pribadi. Beberapa tugas pengiriman barang yang harus dikerjakan seperti mengurus dokumen-dokumen, bea cukai, asuransi, negosiasi, dan lainnya. Pengirim barang tidak perlu repot untuk mengurus itu semua, biarkan pihak freight forwarder yang meng-handle

2. Dapat Mengirim Barang dengan Jumlah Banyak

Mencari layanan yang tepat untuk mengirim barang? Jasa freight forwarder cocok kamu gunakan, dikarenakan dapat mengirim barang dengan jumlah banyak dan skala besar.

3. Estimasi Pengiriman Barang yang Lebih Cepat

Perusahaan freight forwarding memiliki manfaat tambahan berupa durasi pengiriman yang lebih cepat bagi kliennya. Ini sangat menguntungkan bagi bisnis atau usaha yang perlu mengirimkan produk ke lokasi yang jauh.

Baca Juga : Arti CBM Adalah & Cara Menghitungnya

Dalam hal ini, menggunakan jasa freight forwarding direkomendasikan karena dapat memangkas waktu atau durasi pengiriman secara signifikan dibandingkan dengan melakukan pengiriman secara mandiri.

4. Tarif Pengiriman yang Kompetitif

Penggunaan jasa freight forwarding juga dapat mengoptimalkan biaya pengiriman. Jasa ini memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan pengangkut dan dapat memperoleh tarif pengiriman yang lebih kompetitif. Dengan memanfaatkan jasa freight forwarding, bisnis atau usaha dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pengiriman dalam jumlah besar.

Daftar Jasa Freight Forwarder Internasional

Untuk kamu seorang importir atau eksportir ada beberapa jasa freight forwarder top yang bisa digunakan. Jasa ini memiliki jaringan diberbagai negara sehingga kamu yang ingin mengirim ke berbagai negara bisa memilih diantara jasa dibawah ini:

1. Kuehne+Nagel

Jasa forwarder satu ini berdiri tahun 1890 di Bremen, Jerman. Memiliki kantor di seluruh dunia dab lebih dari 80.000 tim profesional diperkerjakan disini.

2. DHL

Jasa forwarder ini memiliki moda transportasi yang lengkap baik itu laut, darat, dan udara. DHL dapat melayani pengiriman barang ke 220 negara tujuan. Beberpa industri yang pernah menggunakan jasa ini adalah bahan kimia, konsumen, energi, rekayasa, manufaktur, kesehatan, pengecer, teknologi, dan mobilitas otomatis.

3. JAS Forwarding Worldwide

Memiliki jarigan global yang luas pada lebihd ari 100 negara. Terdapat 7.000 karyawan yang diperkerjakan di lebih dari 200 kantor. Forwarder ini berfokus pada inovasi pengiriman barang dan menjaga komitmen aman dan tepat waktu.

Rekomendasi Freight Forwarder Lokal Terbaik

Kalau kamu ingin mengirim barang besar dan banyak tidak bisa menggunakan jasa forwarder diatas. Karena mereka hanya menerima pengiriman barang untuk ekspor dan impor. Jika kamu ingin mengirim barang antar kota atau antar pulau bisa mempercayakan kepada jasa pengiriman barang dibawah ini:

1. djat Forwarder

freight forwarder adalah

Salah satu jasa freight forwarder yang menawarkan pengiriman barang secara tepat waktu, aman, dan tercepat. Didukung oleh jumlah armada yang banyak dan miliki sendiri, sehingga ongkos kirim yang ditawarkan jauh lebih murah dari lainnya. djat Forwarder berfokus pada pengiriman domestik darat dan laut.

Jasa forwarder ini sudah terkenal di Indonesia dan sudah banyak perusahaan besar lainnya yang mengirim barang dengan djat Forwarder seperti Michelin, Unilever, DHL, Enesis, Astra Internasional, Supreme, Otten, Musim Mas, dan lainnya.

2. djatGO

freight forwarder adalah

Walaupun djatGO bukanlah perusahaan forwarder, namun jasa pengiriman cargo ini dapat mengirimkan brang antar kota maupun antar pulau. Selain itu, ada berbagai macam moda transportasi yang dapat digunakan seperti truk, kapal laut, dan pesawat.

Ongkos kirim yang ditawarkan oleh jasa cargo ini sangat ekonomis, mulai dari Rp 2,500. Mereka juga menerima jasa FCL atau pengiriman barang dengan muatan 1 kontainer penuh ke berbagai kota di Indonesia.

Jika kamu ingin mengirimkan barang menggunakan djatGO bisa menghubung tim marketing dibawah ini! Dapatkan penawaran terbaik dari djatGO dan pengalaman pengiriman barang yang menyenangkan bersama djatGO.

Hubungi djatGO Segera!

Dapatkan Ongkos Kirim Terbaik

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya