Cara Kirim Barang Lewat Cargo Pesawat, Darat, & Laut

Cara Kirim Barang Lewat Cargo – Kirim barang lewat cargo bukan hanya dilakukan oleh industri berskala sedang dan besar, namun juga perseorangan juga UMKM. Pengiriman barang dengan cargo perlahan sudah banyak diketahui banyak orang.

Cara Kirim Barang Lewat Cargo Pesawat Laut Darat

Baik itu dari sisi biaya yang lebih murah, efektifitas, dan fleksibel. Pengiriman barang dengan cargo bisa memiliki barang bisa dikirim langsung ke alamat penerima (door to door dan port to door service) dan diambil sendiri baik itu di pelabuhan, bandara, atau gudang ekspedisi (door to port dan port to port service).

Peningkatan penggunaan cargo telah dibuktikan dengan data di Google Trends yang menampilkan peningkatan atas pencarian cargo di mesin pencari dari tahun 2018  sampai saat ini.

Disisi lain dengan peningkatan kebutuhan akan pengiriman cargo, tidak semua yang sudah mengerti cara kirim barang lewat cargo itu seperti apa.

Sebenarnya, secara alur pengiriman sama seperti menggunakan jasa ekspedisi reguler. Dimana barang bisa dijemput atau langsung di-drop ke gudang ekspedisi.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diketahui lainnya seputar kirim barang lewat cargo terutama untuk pengiriman pesawat, darat, dan laut.

Berikut ini adalah cara kirim barang lewat cargo berdasarkan jalur pengirimannya.

Cara Kirim Barang Lewat Cargo Pesawat

cargo udara

Pesawat bukan hanya digunakan untuk tranportasi penumpang saja tapi juga dapat digunakan untuk pengiriman barang.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Pada prakteknya pesawat komersil yang terbang ke suatu daerah memuat penumpang dan juga barang-barang pengiriman.

Adapun tata cara kirim barang lewat cargo pesawat antara lain:

1. Menghubungi Pihak Jasa Pengiriman

Untuk mengirim barang menggunakan pesawat kamu perlu menghubungi jasa pengiriman yang terpercaya juga sudah berpengalaman dalam urusan kirim via udara.

Pada saat menghubungi jasa ekspedisi kamu bisa tanyakan seputar pengiriman tersebut dan informasikan juga barang yang akan dikirim.

Baca Juga : Paket 1 Hari Sampai Luar Kota

2. Packing Barang

Jalur pengiriman ini sangat memperhatikan packing barang. Pihak bandara tidak mentoleransi barang yang tidak dipacking secara baik. Sehingga kamu perlu memperhatikan hal ini jika ingin menggunakan jalur pengiriman udara.

3. Pick Up atau Drop Barang ke Gudang Ekspedisi

Selanjutnya barang kiriman kamu akan di pick up oleh jasa ekspedisi yang memiliki layanan tersebut. Jika jasa ekspedisi tidak memiliki layanan pick up, maka kamu harus mengantarkan sendiri ke gudang ekspedisi.

Perlu diketahui djatGO memiliki layanan pick up secara gratis untuk area Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

4. Pengukuran dan Pembayaran

Setelah barang tiba di gudang ekspedisi, akan diukur berdasarkan dimensi dan juga berat barang dengan timbangan. Setiap jasa ekspedisi akan mengambil nilai tertinggi dari kedua ukuran tersebut.

Kemudian akan dikalikan dengan ongkos kirim per kilogram dan ditambah layanan lainnya seperti asuransi atau juga packing service jika menggunakannya.

5. Pengiriman Barang

Pengiriman menggunakan pesawat cenderung diproses esok harinya. Rata-rata estimasi pengiriman untuk pengiriman barang menggunakan pesawat hanya 1 hari saja. Ada yang mengatakan jenis ini disebut pengiriman kilat.

6. Barang Tiba di Bandara atau Rumah

Setelah barang sudah sampai di bandara kota tujuan terdapat dua model. Jika diawal kamu menggunakan jasa ekspedisi door to door service barang kamu akan dilanjutkan dengan armada darat seperti truk atau mobil gran max. Untuk selanjutnya dikirim sampai ke alamat penerima.

Namun beda lagi jika ekspedisi yang kamu pilih menyediakan pengiriman door to port atau port to port. Ketika barang sudah sampai di bandara, kamu harus mengambilnya ke gudang ekspedisi yang terdapat diarea bandara.

Baca Juga : Cara Packing Barang Pecah Belah

Cara Kirim Barang Lewat Cargo Darat

cargo darat

Pengiriman lewat cargo darat umumnya dilakukan baik itu pengantaran antar kota dalam satu pulau atau juga luar pulau. Ongkos kirim cargo darat lebih murah dibanding menggunakan udara dan lebih cepat ketimbang cargo laut.

Barang yang dikirim menggunakan jalur darat tidak terlalu ketat ketimbang pengiriman cargo pesawat. Untuk cara kirim barang lewat cargo darat, kamu bisa lihat dibawah ini:

1. Hubungi Pihak Jasa Ekspedisi

Kamu harus menghubungi jasa ekspedisi cargo untuk dapat mengirimkan barang ke luar kota.

2. Packing Barang yang Baik

Sebelum barang diserahkan kepada jasa ekspedisi, haruslah dikemas secara baik dan menyeluruh. Jika tidak memiliki waktu atau bahan packing bisa menggunakan packing service yang tersedia di jasa ekspedisi yang kamu pilih.

3. Pick Up atau Drop Barang di Gudang Ekspedisi

Untuk penjemputan barang kamu dapat meminta ke pihak jasa ekspedisi secara langsung atau juga bisa langsung datang ke gudang ekspedisi.

4. Pengurukuran

Disaat barang sudah sampai gudang ekspedisi, barang kamu akan diukur menggunakan 2 metode yaitu berat barang yang diukur dengan timbangan dan perhitungan dengan volume barang.

Nantinya akan diambil nilai tertinggi dari kedua metode pengukuran tersebut. Kemudian akan dikalikan dengan ongkos kirim per kilogramnya dan ditambah layanan lainnya seperti asuransi atau juga packing service jika menggunakannya.

5. Pembayaran & Pengiriman Barang

Setelah pembayaran dilakukan, barang kamu akan dijadwalkan untuk dikirim. Pengiriman barang pada jalur darat dilakukan menggunakan transpotasi seperti truk besar.

6. Barang Tiba di Gudang Ekspedisi atau Rumah

Terakhir barang akan sampai di gudang ekspedisi dan untuk kamu yang menggunakan pengiriman door to port atau port to port harus mengambil barang secara mandiri.

Sedangkan pengiriman barang door to door atau port to door akan diantar sampai alamat penerima. Sehingga penerima cukup menunggu sampai pihak ekspedisi datang di rumah.

Baca Juga : 1 M Kubik Berapa Liter

Cara Kirim Barang Lewat Cargo Laut

cargo laut

Pengiriman barang menggunakan cargo laut identik dengan kontainer atau peti kemas. Transportasi cargo laut menggunakan kapal yang berisikan kontainer-kontainer. Rute pengirimannya dari pelabuhan terdekat kota asal ke pelabuhan terdekat kota tujuan.

Ongkos kirim cargo laut lebih murah dari darat dan udara (pesawat), namun estimasi pengirimannya cukup lama dari keduanya. Beberapa perusahaan besar juga lebih memilih cargo laut daripada lainnya mengingat biaya kirimnya sangat murah.

Jika ingin mengetahui cara kirim barangg lewat cargo laut, simak penjelasannya dibawah ini!

1. Hubungi Jasa Ekspedisi

Pengiriman barang menggunakan jalur laut sangat rumit jika kamu ingin mengirim secara pribadi. Kamu butuh jasa ekspedisi untuk membantu dalam pengiriman barang ini.

Cari saja jasa ekspedisi yang menyediakan jalur pengiriman laut. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di Google. Jika sudah ketemu yang cocok hubungi marketing tersebut dan kamu tanyakan seputar pengiriman cargo laut.

2. Packing Barang

Sama seperti jalur pengiriman darat dan udara, barang kamu harus dipacking dengan baik.

3. Pick Up & Drop Barang ke Gudang Ekspedisi

Memilih jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pick up barang ditempat adalah hal yang paling tepat. Kamu tidak perlu repot untuk menaruh barang di gudang ekspedisi yang jaraknya jauh.

Apalagi ada juga jasa ekspedisi cargo yang menggratiskan layanan pick up ini khusu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

4. Pengukuran

Disaat barang sudah sampai gudang ekspedisi, barang kamu akan diukur menggunakan 2 metode yaitu berat barang yang diukur dengan timbangan dan perhitungan dengan volume barang.

Nantinya akan diambil nilai tertinggi dari kedua metode pengukuran tersebut. Kemudian akan dikalikan dengan ongkos kirim per kilogramnya dan ditambah layanan lainnya seperti asuransi atau juga packing service jika menggunakannya.

5. Pembayaran & Pengiriman

Pembayaran akan dilakukan setelah barang telah diukur dan didapatkan biaya yang dibebankan oleh customer. Setelah dilakukan pembayaran barang akan dijadwalkan dikirim sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal laut.

6. Barang Sampai di Pelabuhan atau Rumah

Barang yang telah tiba di pelabuhan harus diambil dengan segera untuk kamu yang menggunakan jenis pengiriman door to port atau port to port. Karena terdapat biaya

Untuk kamu yang menggunakan jenis pengiriman door to door atau port to door cukup menunggu dirumah karena akan dikirim sampai alamat penerima.

Manfaat Menggunakan Ekspedisi Cargo di djatGO

djatGO adalah salah satu jasa ekspedisi cargo yang terdapat di Jakarta. Jasa ekspedisi tersebut dapat membantu kamu dalam pengiriman barang dari JABODETABEK dan Medan ke berbagai kota juga kabupaten di Indonesia.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan setiap pengirim barang ketika menggunakan ekspedisi cargo bersama djatGO, sebagai berikut:

  • Mengirim barang lebih cepat sampai
  • Barang dikirim sampai alamat (door to door service)
  • Menghemat biaya ongkos kirim
  • Kirim lebih banyak barang semakin murah
  • Tersedia free pick up di tempat
  • Menjangkau sampai daerah terpencil
  • Adanya sistem tracking di website djatGO
  • Menyediakan layanan pengiriman udara, darat, dan laut
  • Pelayanan raman dan responsif
  • Gunakan proteksi tambahan dengan jasa packing service dan  asuransi pengangkutan yang disediakan oleh djatGO

Dengan manfaat diatas bisa kamu rasakan secara langsung ketika menggunakan jasa ekspedisi cargo bersama djatGO.

Untuk mengirim barang bersama djatGO kamu cukup menghubungi marketing djatGO melalui form yang terdapat pada halaman ini.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya