Mengenal Asuransi Pengiriman Barang Elektronik

Asuransi Pengiriman Barang Elektronik – Kita dapat mengandalkan jasa ekspedisi untuk melakukan pengiriman berbagai jenis barang dari daerah satu ke daerah lainnya. Termasuk juga untuk mengirim barang elektronik seperti mesin cuci, air conditioner, kulkas, dan lainnya.

Namun, mengirim barang elektronik harus memerlukan penanganan khusus. Apapun jasa ekspedisinya, mengirim barang elektronik sangatlah rentang terjadi kerusakan baik itu lecet karena goresan atau mati mesin.

Mengenal Asuransi Pengiriman Barang Elektronik

Apabila kita ingin barang elektronik yang akan dikirimkan sampai dengan kondisi seperti semula, ada baiknya gunakan asuransi pengiriman atau bisa disebut juga asuransi pengangkutan.

Untungnya di beberapa jasa ekspedisi besar sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi, sehingga kita tidak perlu mencari secara mandiri.

Manfaat Asuransi Pengangkutan Barang Elektronik

Menggunakan asuransi pengiriman barang elektronik sangat penting. Berikut ini adalah manfaat asuransi pengangkutan atau pengiriman barang elektronik pada jasa ekspedisi.

Mencegah Kerugian

Dengan memakai asuransi pengangkutan atau pengiriman dapat mencegah kerugian materil jika terjadi hal yang tidak dinginkan seperti kerusakan atau kehilangan.

Ketika barang elektronik rusak saat sampai tempat lokasi. Asuransi akan menggantikan sesuai dengan berita acara yang dibuat dan bukti kerusakannya.

Biaya Premi Asuransi Murah

Biaya asuransi tidaklah terlalu besar hanya 0,2 – 0,5% dari nilai pertanggungan atau nila barang. Dengan nominal yang sekecil itu dapat mengcover jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Pengiriman Lebih Nyaman

Menggunakan asuransi saat pengiriman barang, membuat konsumen menjadi lebih tenang. Cukup memantau barang melalui sistem tracking di website. Untuk tracking barang di djatGO bisa ceek melalui halaman cek resi.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Mba Virgi

Biaya Asuransi Pengiriman Barang Elektronik

Jika berbicara biaya atau premi asuransi yang akan dibebankan kepada pengirim beragaram, tergantung dari jasa ekspedisinya.

Akan tetapi rata-rata jasa ekspedisi mengenakan biaya asuransi berkisar antara 0,2% – 0,5% dari nilai pertanggungan. Besaran biaya asuransi tersebut berlaku untuk barang elektronik dan juga lainnya.

Namun kita akan mengambil contoh premi yang terdapatkan di djatGO.

Premi Asuransi = 0,2% x nilai pertanggungan

Contoh kasus perhitungan asuransi pengangkutan

Konsumen akan mengirim kulkas seharga Rp 10.000.000. Maka perhitungan biaya asuransi yang akan dikenakannya adalah

Premi = 0,2% x Rp 10.000.000
Premi = Rp 20.000

Sehingga premi yang dibebankan oleh Jono adalah Rp 20.000.

Nilai pertanggungan barang tidak harus sesuai dengan harga pembelian. Kita dapat menentukan sendiri besaran nilai pertanggungannya.

Namun, nilai pertanggungan berkaitan dengan biaya maksimal yang akan digantikan oleh asuransi pada situasi tertentu.

Apabila kulkas dinyatakan hilang saat pengangkutan berlangsung. Maka asuransi akan menggantikan sesuai dengan besaran nilai pertanggungannya. Pada kasus ini Konsumen mendapatkan biaya pergantian sebesar Rp 10.000.000.

Asuransi akan mengganti kerusakan atau kehilangan barang elektronik selama dokumen pendukung dapat disertakan saat penganjuan klaim asuransi.

Biaya Asuransi Barang Elektronik Setiap Jasa Ekspedisi

Asuransi JNE

JNE memiliki asuransi sendiri yang bisa langsung ditawarkan oleh pihak ekspedisi kepada pengirim barang. Ketentuan barang dapat diasuransikan apabila nilai barang lebih dari Rp 1.000.000.

Premi Asuransi JNE = (0,2% x nilai barang) + biaya administrasi Rp 5.000

Contoh Perhitungan

Konsumen mengirim Freezer Box 530 Liter senilai Rp 10.000.000. Jika dimasukan kedalam perhitungan diatas maka akan dikenakan Rp 25.000.

Premi Asuransi JNE = (0,2% x Rp 10.000.000) + Rp 5.000 = Rp 25.000

Asuransi TIKI

Asuransi TIKI merupakan layanan proteksi pengiriman barang yang berfungsi untuk ganti rugi apabila terjadi rusak maupun hilang selama proses pengiriman berlangsung.

Barang yang dapat diasuransikan oleh TIKI beragam mulai dari barang elektronik, surat berharga, dan lainnya.

Namun untuk surat berharga, nilai barang yang dikenakan yaini 10x lipat dari biaya pengiriman. Untuk paket yang bukan dokumen berharga nilai barang harus diaats Rp 1.000.000 agar dapat diasuransikan.

Premi Asuransi TIKI = 0,2% x nilai barang

Contoh Perhitungan

Konsumen mengirimkan barang elektronik senilai Rp 3.000.000, maka biaya asuransi yang dikenakan adalah Rp 6.000 dengan perhitungan sebagai berikut;

Premi Asuransi TIKI = 0,2% x Rp 3.000.000 = Rp 6.000

Asuransi Wahana Logistik

Wahana adalah jasa ekspedisi cargo yang dapat mengirimkan barang besar, sama seperti ekspedisi djatGO.

Ekspedisi Wahana memiliki layanan asuransi yang dapat digunakan ketika mengirim barang menggunakan Wahana.

Premi Asuransi Wahana = 0,5% x nilai barang

Contoh Perhitungan

Konsumen mengirim barang elektronik dengan nilai Rp 5.000.000, maka perhitungan biaya asuransinya adalah

Premi Asuransi Wahana = 0,5% x Rp 5.000.000 = Rp 25.000.

Asuransi djatGO

djatGO juga memiliki layanan asuransi yang sangat rendah dibanding lainnya dengan minimal nilai barang diatas Rp 1.000.000.

Setiap konsumen tidak perlu mencari sendiri jasa asuransi. Ketika datang untuk mengirim barang maka akan diwajibkan untuk menggunakan asuransi apalagi jenis barang elektronik.

Premi Asuransi Wahana = 0,2% x nilai pertanggungan

Contoh Perhitungan

Konsumen mengirim barang elektronik dengan nilai Rp 12.000.000, maka perhitungan biaya asuransi sebagai berikut:

Premi Asuransi Wahana = 0,2% x Rp 12.000.000 = Rp 24.000

Cara Klaim Asuransi Barang Elektronik

Apa bila terjadi kerusakan atau kehilangan barang elektronik selama pengangkutan berlangsung. Tidak perlu takut apabila sudah menggunakan asuransi pengangkutan.

Silahkan hubung customer service atau marketing ekspedisi terkait. Jika menggunakan djatGO cukup menghubungi whatsapp marketing yang menghandle pengiriman kita.

Sebelum itu persiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan seperti :

  • Berita acara
  • Polis asuransi
  • Video unboxing dan foto
  • Rincian biaya perbaikan
  • Invoice
  • Surat jalan (asli/ duplikat)
  • Packing list / Manifest

Klaim asuransi berlaku pada barang elektronik yang telah diterima paling lambat 1 x 24 jam.

Syarat dan Ketentuan Asuransi Pengiriman Barang Elektronik

Setiap barang elektronik pasti bisa diasuransikan untuk menghindari kerugian finansial apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Namun ada juga syarat dan ketentuan yang berlaku bergantung pada jasa ekspedisi masing-masing. Umumnya bunyi dari syarat dan ketentuan tidak jauh berbeda dari jasa lainnya, seperti dibawah ini!

Asuransi Pengangkutan Tidak Berlaku Jika;

  • Nilai barang kurang dari ketentuan yang berlaku
  • Barang yang dilarang oleh perundang-undangan dan hukum di Indonesia
  • Barang elektronik yang tidak dikemas sesuai dengan ketentuan pengemasan jasa ekspedisi yang digunakan
  • Keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan diakibatkan bencana alam, huru-hara, pemberontakan, dan keadaan diluar kemampuan jasa ekspedisi
  • Tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan dan risiko teknis pada barang elektronik yang terjadi selama pengangkutan berlangsung menyebabkan tidan berfungsinya elektronik
  • Penahanan, penyitaan, atau pemusnahan paket oleh pihak berwenang

Syarat dan ketententuan lainnya terkait asuransi bisa dibaca pada masing-masing jasa ekspedisi yang memiliki layanan asuransi.

Jika ingin lebih mengetahui informasi lebih lanjut mengenai asuransi djatGO bisa membaca disini tentang Asuransi Pengangkutan djatGO atau menghubungi marketing kami melalui kontak whatsapp yang terdapat di pojok kanan bawah bertuliskan “Chat Sekarang”.

Pengiriman menggunakan ekspedisi haruslah menggunakan asuransi pengangkutan apabila barang yang dikirim telah mencapa ketentuan dari nilai barang dan barang elektronik. Kalau ingin mencari biaya asuransi termurah, bisa menggunakan jasa ekspedisi djatGO.

Selain biaya asuransinya murah, pengiriman barang elektronik menggunakan djatGO pasti lebih cepat, ongkir murah, dan lebih aman karena tersedia jasa packing kayu.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya