Apa yang Dimaksud Estimasi Pengiriman & Faktor Keterlambatan

  • Beranda
  • Pos
  • Apa yang Dimaksud Estimasi Pengiriman & Faktor Keterlambatan

Apa Itu Estimasi Pengiriman

Apa yang Dimaksud Estimasi Pengiriman – Sering sekali calon costumer menanyakan berapa estimasi pengiriman barang di suatu jasa ekspedisi. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan mereka untuk menentukan apakah akan melanjutkan untuk mengirim barang, mencari ekspedisi lainnya, atau menyampingkan masalah estimasi pengiriman karena ada banyak kelebihan lainnya.

Untuk lebih jelasnya apa yang dimaksud estimasi pengiriman, dibawah ini akan dibahas secara mendalam tentang estimasi pengiriman beserta contohnya.

Pentingnya Estimasi Pengiriman Barang dalam Dunia Cargo

Estimasi pengiriman yang akurat dapat membantu pengusaha mempersiapkan strategi pengiriman yang efektif dan efisien. Contoh pengiriman barang yang membutuhkan estimasi pengiriman adalah pengiriman barang cargo dan reguler.

Estimasi pengiriman pada pengiriman barang cargo memiliki peran yang sangat penting. Hal ini karena dalam pengiriman barang cargo, waktu pengiriman sangat krusial dan dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis. Jika pengiriman barang cargo tidak tepat waktu, hal tersebut dapat menyebabkan dampak yang merugikan bagi bisnis seperti kehilangan customer, kekurangan persediaan, dan finansial lainnya.

Dalam hal ini, estimasi pengiriman yang akurat dapat membantu pengusaha untuk merencanakan pengiriman barang dengan lebih efektif. Dengan mengetahui estimasi waktu pengiriman, pengusaha dapat mempersiapkan stok dengan lebih tepat dan memastikan bahwa barang siap untuk dikirim tepat waktu. Selain itu, pengusaha juga dapat memberikan informasi yang jelas untuk customer mengenai perkiraan waktu pengiriman, sehingga customer dapat mengatur jadwal penerimaan barang dengan lebih bagus.

Apa yang Dimaksud Estimasi Pengiriman

Selain membantu pengusaha dalam merencanakan kirim barang, dengan estimasi pengiriman yang akurat juga dapat membantu dalam meminimalkan biaya pengiriman. Dengan mengetahui estimasi pengiriman, pengusaha dapat memilih metode pengiriman yang lebih efisien dan hemat biaya, seperti pengiriman dengan waktu yang lebih lama atau memilih jalur pengiriman yang lebih murah.

Pada zaman modern kala ini yang semakin maju, estimasi pengiriman juga dapat menjadi faktor yang membedakan antara bisnis pengiriman yang sukses dan yang tidak. Kebutuhan customer terhadap pengiriman yang cepat dan tepat waktu semakin meningkat, sehingga pengusaha yang dapat memberikan estimasi pengiriman yang akurat dan memenuhi ekspektasi customer memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses.

gratis penjemputan
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira
gratis penjemputan mobile version

Hubung Kami Segera!

Untuk pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia. 

Form Safira

Dalam kesimpulannya, estimasi pengiriman merupakan faktor penting dalam pengiriman barang cargo. Estimasi pengiriman yang akurat dapat membantu pengusaha dalam merencanakan pengiriman barang dengan lebih efektif, meminimalkan biaya pengiriman, serta memenuhi ekspektasi customer. Oleh karena itu, pengusaha harus memastikan estimasi pengiriman yang akurat dan tepat waktu dalam menjalankan bisnis pengiriman barang.

Baca JugaEkspedisi Jakarta Batam

Apa Saja Faktor Estimasi Pengiriman

Menunggu barang sampai sangatlah membosankan apa lagi jika tidak sesuai dengan estimasi yang telah ditulis dalam deskripsi pengiriman. Tentunya akan sangat kesal dan menguras emosi. Ada juga yang marah-marah ke pihak ekspedisi atau penjual karena barang tidak sampai dalam 3 hari padahal dalam rincian estimasi di website atau halaman penjualan tertulis 6 hari sampai. Nah, sebenarnya apa saja faktor yang terkait estimasi pengiriman berikut ini pembahasannya.

Lokasi Pengiriman

Untuk kota-kota besar yang memiliki jarak yang dekat dengan asal kota pengiriman memiliki estimasi waktu yang singkat. Namun jika lokasinya jauh seperti dari Jakarta ke Medan, akan mustahil estimasi pengiriman 3 hari.

Apalagi jika alamat kota yang dituju merupakan kota kecil yang terbatas aksesnya. Sehingga butuh estimasi waktu yang cukup panjang hingga barang sampai di lokasi. Maka dari itu, setiap lokasi kota tujuan memiliki estimasi pengiriman masing-masing.

Jenis Layanan

Jasa ekspedisi biasanya memiliki beberapa layanan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Lumrahnya, setiap jenis layanan berkaitan dengan cepat atau lambatnya estimasi pengiriman tersebut. Contoh untuk pengiriman dari Jakarta ke Malang bisa menggunakan layanan pengiriman darat (cargo darat) dan juga menggunakan pesawat (cargo udara).

Rata-rata pengiriman barang dengan pesawat yaitu 1 – 2 hari saja ke berbagai kota. Estimasi pengiriman ini jeuh lebih singkat dengan pengiriman darat. Salah satu contoh lainnya, ketika kamu ingin mengirim barang dari Jakarta ke Medan. Bisa memilih menggunakan cargo darat yang diselingi oleh jalur laut (kapal laut) untuk menyeberang dan bisa memilih pengiriman udara (cargo udara). Sama seperti contoh sebelumnya, estimasi pengiriman menggunakan jasa cargo udara jauh lebih singkat yaitu 1 – 2 hari saja.

Namun, harus disesuaikan juga dengan ongkos kirim setiap layanannya. Karena estimasi pengiriman yang lebih cepat tarifnya akan sedikit mahal. Maka dari jika memang pengiriman urgent bisa menggunakan layanan pengiriman pesawat atau cargo udara.

Baca JugaEkspedisi Jakarta Medan

Kenapa Paket Lama Sampai?

Apa yang Dimaksud Estimasi Pengiriman

Masalah ini pasti saja terjadi entah itu dikarenakan faktor internal dan eksternal. Beberapa orang juga terpancing emosinya dikarenakan paket yang tidak sampai ke titik lokasi yang sudah ditentukan. Perlu kita ketahui ada alasan yang mendasarkan kenapa paket lama sampai, simak baik-baik dibawah ini!

Kendala Cuaca / Bencana Alam

Jasa ekspedisi tidak mungkin bisa mengatur cuaca atau suatu bencana alam. Tentunya kita semua selalu berharap cuaca selalu mendukung untuk segala aktifitas termasuk dalam pengiriman barang dan dihindarkan dari bencana alam. Namun jika takdir berkata lain, kegiatan pengiriman barang juga mengalami kendala.

Salah satunya, ketika terjadi cuaca ekstrim melanda perairan Indonesia. Membuat kapal cargo dan ferry berhenti berlayar, karena tidak mungkin untuk mengarungi lautan dalam situasi berbahaya tersebut. Akhirnya kapal harus tetap bersandar berhar-hari sampai cuaca kembali normal.

Rumah Penerima Tidak Ada Orang

Alasan lain barang tidak sampai-sampai dikarenakan kurir yang sudah berada di titik lokasi penerima, tidak ada orang dirumah. Sehingga paket dibawa kembali oleh kurir ke gudang dan akan dicoba dikirimkan lagi.

Alamat Pickup Tidak Jelas

Salah satu layanan ekspedisi yang memudahkan pengiriman yaitu pickup di lokasi. Sebelum itu pengiriman harus menuliskan secara lengkap alamat penjemputannya dimana. Dalam kegiatan ekspedisi ada saja yang tidak melengkapi alamat sehingga kurir tidak dapat mengambil barang.

Data Penerima Barang Tidak Lengkap

Sama seperti poin sebelumnya, berkaitan tentang alamat harus dilengkapi dengan baik. Tulislah mulai dari nama jalan sampai kode pos, akan lebih baik lagi untuk menuliskan bangunan yang menjadi patokan. Biasanya bangunan yang menjadi patokan dikenal oleh orang awam sekalipun semisal Masjid, SPBU, Kantor Pelayanan, dan lainnya.

Tidak Membaca Ketentuan Pengiriman

Beberapa pengirim tidak membaca estimasi secara lengkap. Misalkan pada jasa ekspedisi cargo, estimasi pengiriman 2 – 3 hari sejak barang sudah berada di kapal laut atau kapal laut berlayar. Jadi bukan dihitung saat kamu menaruh barang digudang, melainkan sejak kapal laut berlayar.

Berbeda dengan jasa ekspedisi reguler, diman estimasi pengiriman dihitung sejak barang sudah diterima oleh kurir atau barang sudah masuk ke gudang.

Contoh Estimasi Pengiriman

Berikut ini adalah estimasi pengiriman barang dari jasa ekspedisi reguler dan cargo. Seperti contoh diatas kalau terjadi perbedaan diantara jasa tersebut. Berikut ini adalah estimasi pengirimannya!

Baca Juga : Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler

Estimasi Pengiriman Reguler

Ekspedisi JNE 

  • JNE Reg : 3 – 7 hari kerja
  • JNE YES : 1 hari kerja
  • JNE OKE : 3 – 7 hari kerja
  • JNE Trucking : 3 – 14 hari kerja

Ekspedisi Sicepat

  • Siuntung : 15 Jam (khusus Jabodetabek dan Bandung)
  • Best : 1 hari
  • Gokil : 1 – 3 hari kerja (tidak boleh lebih dari 10Kg)
  • Halu : 1 – 3 hari kerja
  • COD : 8 Jam (hanya berlaku di beberapa kota)
  • H3lo : 1 – 4 hari kerja

Ekspedisi J&T

  • J&T Super : 1 – 3 hari kerja (hanya berlaku di beberapa kota)
  • J&T EZ : 2 – 5 hari kerja
  • J&T Eco : 5 – 14 hari kerja

Ekspedisi Tiki

  • Reg : 3 – 7 hari kerja
  • Eco : 6 – 14 hari kerja

Estimasi Pengiriman Cargo

Ekspedisi djatGO

  • Cargo Darat dan Laut : 3 – 14 hari kerja (tergantung lokasi)
  • Cargo Udara : 1 – 2 hari kerja

Beriktu ini daftar estimasi pengiriman barang djatGO dari Jakarta ke berbagai kota di Indonesia. Simak dibawah ini!

KOTA ASALKOTA TUJUANESTIMASI
JAKARTABANDUNG2 - 3 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAMAKASSAR9 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPEKANBARU6 - 7 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAMEDAN6 - 7 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPONTIANAK5 - 7 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPALEMBANG4 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTASURABAYA3 - 4 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTASEMARANG3 - 4 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAMATARAM, LOMBOK8 - 9 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAJAMBI4 - 5 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTABANJARMASIN8 - 9 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPADANG6 - 7 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTADENPASAR6 - 7 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTABANGKA BELITUNG3 - 4 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTABENGKULU5 - 6 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTABALIKPAPAN10 - 11 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPALANGKARAYA9 - 11 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAMANADO15 -16 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTASAMARINDA10 - 11 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAPALU14 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAKENDARI14 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAMAMUJU14 - 15 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTAGORONTALO14 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)
JAKARTATARAKAN12 - 13 HARI (SEJAK TRUK / KAPAL BERANGKAT)

Itulah beberapa hal tentang estimasi pengiriman barang yang sudah kamu ketahui. Lamanya estimasi pengiriman barang ternyata tergantung dengan berbagai hal baik itu eksternal dan juga internal.

Jika Anda suka dengan artikel ini , Share  ya !

Artikel Terkait Lainnya