Inspirasi Macam-macam Furniture Kantor yang Cocok untuk Startup – Temukan macam-macam furniture kantor yang cocok untuk startup Anda. Siapa tahu ini bisa menginspirasi Anda untuk memilih jenis furniture sesuai dengan kebutuhan.
Furniture atau bisa disebut juga dengan furniture, perabot, dan mebel merupakan elemen yang dibutuhkan dan berguna untuk menunjang kegiatan baik itu di rumah, kantor, maupun restoran. Selain itu furniture juga memiliki esensi tersendiri sebagai pemanis dari suatu bangunan atau ruangan.
Jenis-jenis furniture kantor di setiap tempat berbeda-beda tergantung dari tujuannya, seperti bangku di rumah dan di kantor punya tipe berbeda. Dalam memilih furniture yang tepat untuk kantor tidaklah semudah yang dibayangkan.
Apalagi membeli furniture untuk kantor baru seperti perusahaan rintisan (startup) yang umumnya berisikan anak-anak muda. Furniture pada startup tidak hanya digunakan untuk menunjang pekerjaan saja, tapi juga dapat membangun suasana yang inspiratif. Sehingga memicu sisi kreatifitas dan makin eratnya kolaborasi antar karyawan.
Apalagi jika furniture yang dipilih mengedepankan global issue, seperti menggunakan furniture yang ramah lingkungan. Generasi muda mungkin saja akan akan senang dengan kantor yang peduli dengan isu lingkungan.
Jika bingung apa macam-macam furniture kantor modern yang cocok untuk startup atau kantor baru. Berikut ini rekomendasi furniture yang bisa menjadi inspirasi Anda, simak dibawah ini!
12 Jenis Furniture Kantor Modern
Meja Rapat
Setiap kantor wajib memiliki meja rapat untuk kebutuhan diskusi yang melibatkan beberapa orang. Sehingga meja yang harus dipilih memiliki ukuran besar dan lebar, namun juga harus disesuaikan dengan ruangannya.
Baca Juga : Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau
Workspace Station
Perabotan ini merupakan meja kerja yang didesain khusus untuk digunakan lebih dari satu orang. Beberapa kantor menggunakan workspace station yang terdapat bilik-bilik sehingga tetap terdapat privasi antar karyawan. Namun, ada juga yang tidak menggunakannya, agar kolaborasi antar karyawan semakin erat dan meningkatkan produktivitas kerja.
Standing Desk
Inovasi meja kekinian yang dapat di-adjust ketinggiannya sesuai yang mereka inginkan. Latar belakang meja ini dibuat untuk meningkatkan kesehatan karyawan agar tidak terlalu lama duduk seharian. Artinya dengan meja ini, seorang karyawan dapat bekerja dengan kondisi duduk maupun berdiri.
Sofa
Sofa di kantor umumnya digunakan untuk tempat duduk tamu atau client yang ingin bertemu dengan direktur atau lainnya. Penggunaan sofa ini agar tamu dan client bisa duduk dengan nyaman, dengan demikian mereka akan bad mood selama menunggu orang kantor.
Kursi
Kalau ada meja kantor pasti harus ada kursi yang nyaman. Memilih kursi untuk kaula muda ada baiknya menggunakan kursi modern yang nyaman, ergonomis, dan bisa berputar 360 derajat. Penggunaan kursi satu ini juga dapat merangsang ide-ide kreatif dan suasana lebih kasual.
Bean bag
Beberapa perusahaan rintisan terutama yang bergerak dalam industri teknologi menyediakan beberapa area bekerja selain menggunakan meja dan kursi. Untuk mengakomodasi hal tersebut perusahaan biasanya menyediakan bean bag. Bean bag adalah alternatif yang nyaman dan bisa mengurangi sakit pinggang saat bekerja.
Bean bag mulai menjadi trend di perusahaan, karena didukung dengan infrastruktur teknologi saat ini. Dimana karyawan dapat bekerja secara mobile dengan laptop mereka dan mengakses internet menggunakan nirkabel.
Papan Tulis
Keberadaan papan tulis sangat penting, apalagi saat rapat kerja berlangsung. Seseorang dapat menuangkan ide-ide saat rapat pada papan tulis. Untuk menggunakannya Anda juga perlu menyediakan spidol dan penghapus.
Laci Penyimpanan
Laci penyimpanan terdapat pada masing-masing area karyawan yang diperuntukan untuk menyimpan barang pribadi seperti dokumen, laptop, buku, dan lainnya secara rapih. Umumnya juga dilengkapi dengan kunci untuk mengamankan barang.
Baca Juga : Ongkos Kirim Kasur Springbed ke Luar Kota
Rak Buku
Dokumen dan berkasih penting perusahaan yang berukuran besar dan tebal harus disimpan secara rapih dalam rak buku. Sehingga ruangan terlihat tertata, estetik, dan enak dilihat orang sekitar. Keberadaan rak buku juga dapat mempermudah karyawan untuk mencari dokumen yang pernah disimpan sebelumnya.
Lemari Brankas
Ada beberapa dokumen penting perusahaan yang tidak boleh diakses oleh sembarang orang. Maka dari itu kantor menyediakan lemari brankas yang dilengkapi dengan password, sehingga tidak semua orang bisa melihat dokumen tersebut.
Tempat Sampah
Walaupun tempat sampah tidak memiliki kontribusi dalam pekerjaan, namun keberadaanya sangat penting. Tempat sampah adalah perabotan yang wajib tersedia di kantor, bahkan setiap ruangan memiliki tempat sampah ini.
Meja Ping Pong
Umumnya startup yang diisi oleh generasi muda, memiliki fasilitas hiburan di ruangan tertentu. Terdapat sofa, meja, konsol game, dan salah satunya meja ping pong. Meski pun meja ping pong tidak menunjang pekerjaan, namun dapat digunakan sebagai pelarian karyawan yang ingin beristirahat sejenak dari letihnya pekerjaan.
Tips Memilih Furniture Kantor
Jika telah mengetahui jenis furniture apa saja yang umumnya terdapat di startup, ketahui juga tips memilih furniture kantor yang tepat. Agar Anda tidak salah membeli dan menyesal dikemudian hari. Simak dibawah ini tips-tipsnya!
Memilih Furniture Ergonomis
Membeli furniture yang ergonomis sangat penting untuk kesehatan pekerja. Sebab furniture tersebut telah dirancang untuk mendukung postur tubuh yang baik dan mengurangi risiko nyeri saat bekerja. Pekerja juga dapat berkonsentrasi dalam bekerja dan mendorong produktivitas kerja lebih baik lagi.
Sesuaikan dengan Budget
Sebelum membeli perabotan kantor, Anda harus menghitung budget terlebih dahulu dengan menyesuaikan kebutuhan kantor. Pertimbangkan jumlah karyawan yang akan menggunakan ruangan tersebut, juga jenis pekerjaan yang dikerjakan.
Dengan mencermati setiap kebutuhan, Anda bisa menyesuaikan budget dan membeli furniture tidak secara berlebihan. Jangan juga terlalu berhemat dengan mengorbankan kualitas dan ketahanannya.
Cocokan dengan Luas Ruangan
Kesalahan paling buruk adalah tidak memperhitungkan luas ruangan kantor. Karena terlalu menggebu-gebu, Anda lupa mengukur ruangan sehingga furniture tidak sesuai dengan luasannya atau tidak bisa masuk ke dalam ruangan.
Sesuaikan Rencana Kedepan
Tips ini khusus untuk kantor yang berjalan dalam waktu yang lama. Sesuaikan dengan rencana kedepan, apakah akan menambah orang atau pindah ke lokasi lain. Jika ingin pindah ke kantor ke lokasi lain, Anda lebih baik menunda membeli furniture atau bisa juga membeli dengan menyesuaikan dengan ruangan di kantor baru.
Jika Anda resah rusak atau tidaknya furniture saat dipindahkan ke luar kota. Anda bisa mengirim furniture kantor bersama Djatgo. Djatgo adalah jasa ekspedisi cargo yang memiliki perlindungan berlapis. Dimana terdapat jasa packing yang bisa digunakan untuk melindungi barang dari benturan.
Anda bisa menggunakan asuransi pengangkutan yang telah disediakan oleh Djatgo, tentunya dengan premi rendah. Setiap pengiriman furniture dan barang lainnya bisa dipantau secara daring melalui website resmi Djatgo.
Urusan kirim furniture dari Jabodetabek dan Medan ke seluruh kota di Indonesia. Bisa menggunakan Djatgo, pengiriman Anda akan aman, cepat sampai, dan dikirim sampai ke alamat kantor baru.